spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Literasi Digital 2024: Pemprov Kaltim Dorong ASN Jadi Lebih Melek Teknologi

BALIKPAPAN – Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, membuka Sosialisasi Literasi Digital 2024 Sektor Pemerintahan di Ballroom Hotel Grand Jatra Balikpapan pada Kamis, 6 Juni 2024.

Literasi digital ini merupakan kerja sama antara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim dan Dewan Pengurus Korpri Kaltim untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kalimantan Timur, didukung Ditjen Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo.

Acara sehari ini menghadirkan narasumber Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Slamet Santoso, Ahli Pertama Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kemenag Dandy Wicaksono, Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Kemendagri Machmudan Sadik dan Imelda A. Hasan, serta Widyaiswara BBPK Jakarta Arihni Supriati.

Menurut Sekda Sri Wahyuni, di era digitalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini, para ASN sudah mampu memanfaatkan koneksi internet untuk kebutuhan pribadi maupun melaksanakan tugas (tanggung jawab dan kewajiban pekerjaan).

Karenanya, para abdi negara diminta tidak hanya mampu menggunakan teknologi informasi untuk membangun komunikasi, tapi juga secara bijak mendukung dan memudahkan pelaksanaan tugas-tugas pelayanan.

“ASN jangan terjebak, salah pemanfaatan teknologi informasi,” pesannya.

BACA JUGA :  Balikpapan Juara Lunchbox, Kukar Raih Snackbox dan Grand Senyiur untuk Perhotelan

Sekda Sri tidak menampik kemampuan ASN dalam memanfaatkan teknologi informasi cukup tinggi.

“Namun tanpa disadari, ASN terjebak menyebarkan informasi yang tidak benar,” ungkapnya.

Kembali Sekda mengingatkan ASN akan pentingnya memahami literasi digital sebagai dasar untuk menggunakan teknologi informasi secara bijak dan benar.

“Sebab tugas pokok dan utama kita adalah memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya kepada masyarakat,” tegasnya.

Melalui literasi digital ini, Sekda Sri berharap ASN tidak hanya bekerja optimal dalam melayani publik, tapi juga mengetahui pelayanan apa saja di instansinya masing-masing yang sudah memanfaatkan digital.

“Agar ketika masyarakat bertanya, kita bisa mudah menjelaskan pelayanan berbasis digital yang bisa diakses di mana saja maupun kapan saja,” bebernya.

Kepala Diskominfo Kaltim, M. Faisal, menyebutkan bahwa pada 2022 dan 2023, indeks literasi digital Kaltim berada pada peringkat 3 nasional dan indeks masyarakat digital (melek digital masyarakat) oleh Kemenkominfo, Kaltim berada di peringkat 4 nasional.

“Literasi internet masyarakat Kaltim sekitar 80,63 persen atau di atas rata-rata nasional 79,50 persen,” sebutnya.

BACA JUGA :  Ribuan Jemaah Padati Tabligh Akbar UAS di Samarinda

Meski diakui Faisal bahwa Kaltim masih memiliki kawasan blank spot sekitar 20 persen, tapi 80 persen warga Benua Etam sudah melek internet.

“Sehingga warga Kaltim yang mampu penetrasi internet sekitar 71 persen lebih melalui handphone. Artinya blank spot ada, tapi jaringan hape bagus,” ujarnya.

Hadir pimpinan/pejabat perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, serta kabupaten dan kota se-Kaltim. (adv/diskominfokaltim)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.