spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Guru-Guru di Samarinda Diberi Bekal Penguatan Ideologi Pancasila

SAMARINDA – Kesbangpol Kota Samarinda menggelar sosialisasi penguatan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan bagi guru SMP dan Mts se-Kota Samarinda. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang dilakukan Kesbangpol.

“Jadi kegiatan ini bukan hanya dilakukan seperti ini. Ini adalah salah satu saja kegiatan yang kita lakukan. Ada banyak lagi kegiatan yang kita laksanakan sebagai upaya penguatan terhadap ideologi Pancasila dan rumusan kebangsaan. Di antaranya, ke depan kita akan mengadakan apel pagi di sekolah, kemudian juga memberikan pendidikan cinta tanah air berupa program permainan-permainan untuk siswa-siswi kita tetapi tetap dalam ruang lingkup ideologi dan wawasan kebangsaan,” beber Sekretaris Kesbangpol Kota Samarinda, Miftahhurrizqa, Selasa (28/5/2024).

Kemudian, dalam penyebaran ideologi Pancasila, Kesbangpol Kota Samarinda memilih guru karena mereka berperan sangat penting di sekolah dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila kepada siswa-siswi.

“Harapan ke depannya, kalau dulu ada program P4, sekarang program itu sudah tidak ada. Maka harapan kita, minimal di Samarinda, kita akan terus melakukan kegiatan ini sehingga nilai-nilai moralitas dan perilaku bisa tetap terjaga dengan mengamalkan Pancasila,” jelasnya.

BACA JUGA :  Salurkan Pro Bebaya, Wali Kota Samarinda Pastikan Pembangunan Melalui Aspirasi

Kendati demikian, dengan adanya sosialisasi penguatan ideologi Pancasila ini, diharapkan dapat terus memberikan penguatan moral kebangsaan bagi siswa-siswi melalui penyebaran dari guru.

“Nilai-nilai Pancasila ini harus tetap kita ingatkan di setiap level dan tingkatan. Kebetulan hari ini yang menjadi objek kita adalah guru-guru. Siswa sendiri, kebetulan wilayah Kota Samarinda ini adalah jalur pendidikan PAUD, SMP, dan Mts. Mungkin SD ya, kalau SMA itu nanti wilayahnya di provinsi Kaltim,” tutup Miftahhurrizqa.

Penulis: Ernita
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti