spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bimtek dan Sosialisasi Aplikasi Srikandi, Bupati Mahulu Optimalkan Pengelolaan Arsip

MAHAKAM ULU –  Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Gehmembuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan arsip dan surat menyurat sesuai dengan Perpres 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan implementasi aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi atau Srikandi (Srikandi) di Hotel Grand Verona, Senin (13/4/2024) lalu.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) selama dua hari tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah Mahulu, Stephanus Madang,  Kepala BKPSDM Wenefrida Kayang,  Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mahulu, dan menghadirkan narasumber Kasi Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur (Provinsi Kaltim) Dewi Susanti,

Bupati Bonifasius Belawan Geh mengatakan, penyelenggaraan Bimtek pengelolaan arsip dan surat menyurat merupakan salah satu langkah nyata dalam menjawab tantangan zaman. Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Keputusan Menteri PANRB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis telah memberikan landasan hukum yang kuat untuk melaksanakan transformasi digital dalam setiap aspek kegiatan pemerintahan, termasuk dalam pengelolaan arsip dan surat menyurat.

BACA JUGA :  Wabup Yohanes Avun Terima Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kukar

“Kendati kita telah memiliki legitimasi kuat melalui regulasi tersebut, masih terdapat kendala dalam implementasi yang efektif sehingga banyak dokumen yang seharusnya dapat diselesaikan dalam hitungan menit, nyatanya masih mengalami penundaan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam sistem pemerintahan kita masih perlu ditingkatkan, oleh karena itu, kita dituntut untuk terus berinovasi,” kata Bupati.

Dikatakan Bupati Bonifasius Belawan Geh, lebih lanjut, melalui implementasi aplikasi Srikandi yang merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Badan Siber dan Sandi Negara, pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan arsip.

“Aplikasi Srikandi ini akan membantu kita mencapai tata kelola arsip yang lebih terstruktur, jelas, dan tepat, memastikan keamanan dan kemudahan akses arsip oleh pengguna yang berhak. Meskipun kita masih menggunakan arsip konvensional untuk beberapa dokumen penting, tetapi kita harus memanfaatkan teknologi e-arsip ini seoptimal mungkin dalam administrasi pemerintahan,” lanjut Bupati.

BACA JUGA :  Wakili Bupati Mahulu, Staf Ahli Pemkesra Hadiri Acara Ekspose MTQ Nasional XXX 2024 di Samarinda

Lebih lanjut Bupati Bonifasius Belawan Geh,  menuturkan, aplikasi Srikandi tak hanya bertujuan untuk mengintegrasikan sistem kearsipan secara digital, namun juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih untuk mendukung korespondensi kedinasan yang cepat dan efisien.

“Fitur ini sangat penting karena aplikasi ini bersifat government to government, atau dari pemerintah ke pemerintah, yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan lembaga pemerintahan lain secara lebih lancar dan terstruktur, Penggunaan format atau template naskah dinas yang telah tersedia dalam aplikasi Srikandi juga merupakan salah satu keunggulan yang tidak kalah pentingnya.

“Template ini telah disesuaikan dengan tata naskah dinas yang berlaku, yang akan memastikan keseragaman dan keakuratan dalam tata administrasi persuratan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu. Dengan ini, kita dapat mempertahankan keutuhan dan keseragaman isi naskah dinas serta meningkatkan efisiensi waktu dalam penyelesaian administrasi pemerintahan,” tutur Bupati.

Bupati Bonifasius Belawan Geh, berharap melalui Bimtek agar peserta benar-benar memahami dan menguasai fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Srikandi.

BACA JUGA :  Hari Guru di Mahulu, Momentum Transformasi Inovasi dan Kesejahteraan

“Keberhasilan kita dalam mengimplementasikan sistem ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, tetapi juga akan mengukuhkan posisi Kabupaten Mahulu sebagai pemerintahan yang modern dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Mari kita bersama-sama mengambil langkah proaktif untuk mengadaptasi dan mengoptimalkan penggunaan teknologi ini dalam setiap aspek kegiatan pemerintahan kita,” tuturnya.

“Dengan semangat kolaborasi dan komitmen kuat dari kita semua, saya yakin kita dapat mencapai tujuan ini. Terima kasih atas perhatian dan dedikasi Anda semua untuk terus mendorong kemajuan di Kabupaten Mahakam Ulu melalui penggunaan teknologi informasi yang efektif,” harap Bupati. (Prokopim/len-Adv-MKN)

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img