spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Gubernur Akmal Malik Pastikan Pemulihan Infrastruktur dan Bantuan Air Bersih di Mahulu

SAMARINDA – Penjabat (PJ) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, berangkat menuju Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) pukul 08.30 WITA dengan helikopter dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada Sabtu (18/5/2024).

Di Mahulu, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Akmal Malik mengunjungi korban banjir di Mahulu. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memastikan pemulihan infrastruktur yang mendukung kebutuhan masyarakat di wilayah terdampak banjir dapat segera terlaksana.

Data dari PLN menunjukkan bahwa di Ujoh Bilang, terdapat 3.339 pelanggan listrik dengan 1.350 di antaranya masih belum mendapat pasokan listrik. Di Datah Bilang, 540 pelanggan dari total 646 pelanggan masih mengalami pemadaman. Sementara itu, di Long Iram, 540 dari 1.300 pelanggan telah mendapatkan kembali pasokan listrik.

“Kami telah berkomunikasi dengan PLN untuk segera menyalakan listrik di Ujoh Bilang, karena jumlah pelanggan yang masih mengalami pemadaman cukup besar,” ujar Akmal Malik di Balikpapan.

Untuk kebutuhan darurat, Akmal menyatakan diperlukan listrik dengan kapasitas 1.200 kilowatt. “Saya sudah menginstruksikan BPBD dan Dinas ESDM untuk membantu memasok bahan bakar guna keperluan pembersihan pasca banjir,” tambahnya.

BACA JUGA :  Gubernur Kaltim: Kelola Dana Desa Perlu Integritas Kades

Selain itu, Akmal Malik menekankan pentingnya bantuan air bersih dan air minum bagi warga yang terdampak banjir. “Bantuan air bersih ini diharapkan tidak hanya dari pemerintah daerah, tetapi juga dari perusahaan-perusahaan di Kaltim untuk membantu korban banjir di Mahulu,” jelas Akmal.

Akmal Malik mengatakan bahwa kebutuhan prioritas saat ini meliputi logistik, makanan, dan air bersih, karena sumur-sumur warga terendam oleh banjir. “Nah, itu kenapa saya minta bantuan-bantuan air minum menjadi prioritas. Kebutuhan yang diperlukan adalah logistik, makanan, dan air bersih,” katanya.

Akmal juga menyampaikan bahwa debit air sungai di Long Apari sudah mulai turun, sehingga tinggal proses pembersihan. Namun, ia menekankan bahwa hal ini memerlukan banyak relawan.

Dalam kunjungan ini, Akmal Malik memastikan bahwa pemulihan listrik menjadi salah satu fokus utama, selain kebutuhan pangan dan air bersih untuk masyarakat terdampak banjir di Mahakam Ulu.

Menggunakan helikopter, Pj Gubernur Akmal Malik bersama Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Masud, Kapolda Kaltim Irjen Polisi Nanang Avianto, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, Karo Ops Polda Kaltim Kombes Polisi Dedi Suryadi dan Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Polisi Andy Rifai, terbang menuju Kabupaten Mahakam Ulu pada pukul 09.30 WITA. (adv/humprov/diskominfokaltim)

BACA JUGA :  Rakor Bidang Organisasi, Gubernur Isran Dorong Reformasi Birokrasi untuk Pembangunan Nasional

Penulis : Hanafi
Editor : Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img