spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

3 Ribu SR Kuota Air Bersih di Paser Segera Terpasang

PASER – Pemerintah Pusat mengucurkan pemasangan air bersih sebanyak 3 ribu Sambungan Rumah (SR) di Kabupaten Paser melalui program percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres).

Menindakalanjuti hal itu, Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kandilo, Suryanto Agustono menyatakan siap melaksanakan program tersebut yang nantinya tersebar di 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Paser.

Adapun kecamatan yang menerima program tersebut, yakni Kecamatan Batu Sopang, Muara Samu, Paser Belengkong, Batu Engau dan Kecamatan Tanah Grogot. Pengerjaannya sendiri ditargetkan pada awal Mei 2024.

“Jika tidak ada halangan, kami akan mulai di bulan ini pengerjaannya dan bantuan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Inpres,” kata Suryanto, Rabu (1/5/2024).

Suryanto Agustono melanjutkan, Kabupaten Paser menerima kuota pemasangan SR untuk pelayanan air bersih berdasarkan pengajuan data yang dilakukan Perumdam Tirta Kandilo pada Desember 2023 lalu. Saat ini masih dalam proses penginputan data.

Sedangkan, untuk pemasangan SR reguler, Perumdam Tirta Kandilo akan memasang sebanyak 1.500 SR pada bulan Juni 2024 mendatang. Dari 3 ribu kuota yang diberikan, Perumdam Tirta Kandilo akan melakukan pemasangan SR di 4 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

BACA JUGA :  Kurangi TPS, DLH Kabupaten Paser Upayakan Ubah Pengelolaan Sampah

“Penambahan pelayanan air bersih tersebut, didasari kapasitas pelayanan air bersih yang masih dalam kategori kapasitas idle,” Jelasnya

Saat ini pihaknya fokus pelayanan pada 4 SPAM. Karena secara teknis masih bisa untuk dimaksimalkan dalam hal pelayanan air bersih kepada masyarakat. Mengenai biaya pemasangan, calon penerima hanya mengeluarkan biaya pemasangan berupa uang jaminan pelanggan.

“Biaya ada, cuma masih kami bahas di internal kami untuk jumlah yang harus dikeluarkan penerima,” ujarnya.

Pewarta: Bhakti Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.