spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

3.724 Petugas KPPS di Kubar Siap Bertugas di 532 TPS

KUTAI BARAT – Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat telah merekrut Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 14 Februari mendatang.

”Jumlah KPPS di Kutai Barat sebanyak 3.724 orang,” jelas Komisioner KPU Kubar, Johanes Nuel di Barong Tongkok, Senin, (29/1/2024).

Nuel mengatakan, jumlah KPPS itu akan bertugas dan tersebar di 532 tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing 7 orang per TPS. ”Perekrutannya sudah selesai dan sudah dilantik tanggal 25 Januari secara serentak seluruh Indonesia,” katanya.

Usai pelantikan, KPU dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) langsung memberikan pembekalan serta bimbingan teknis mengenai tugas dan fungsi KPPS dalam pemilu nanti.

Diketahui, anggota KPPS akan bekerja sejak pra Pemilu sampai tanggal 25 Februari 2024. Adapun KPPS terdiri dari 7 orang. Dengan tugas 1 orang sebagai ketua merangkap anggota dan 6 orang lainnya sebagai anggota.

Tugas utama KPPS adalah memastikan terwujudnya kedaulatan pemilih, melayani pemilih menggunakan hak pemilih, memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

BACA JUGA :  Kapolsek AKP Darmuji Tampung Keluhan Masyarakat Bongan Lewat Jumat Curhat

Pelaksanaan tugas ini perlu diwujudkan dengan transparansi, tidak memihak, tingkat akurasi yang tinggi dan bertanggung jawab. Sehingga dapat terwujud nilai-nilai demokrasi yang dapat dibanggakan.

KPPS juga wajib tunduk dan patuh dengan kode etik penyelenggara Pemilu yang mengedepankan asas mandiri dan adil, kepastian hukum, jujur, keterbukaan dan akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, profesionalitas, efisiensi dan efektivitas serta asas tertib.

Adapun tugas ketua KPPS adalah mengkoordinir seluruh anggota KPPS dalam pelaksanaan Pemilu. Mulai dari mengumumkan hari, tanggal dan waktu pelaksanaan pemungutan suara serta nomor/lokasi TPS selambat-lambatnya 5 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara hingga memimpin rapat pelaksanaan.

Kemudian memberikan surat suara kepada pemilih yang terdaftar dalam DPT, DPTb atau DPK, menjelaskan tata cara pemilihan suara kepada pemilih, menandatangani surat suara dan memberikan empat jenis surat suara kepada pemilih.

Kemudian mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS dan menutup rapat penghitungan suara serta menyerahkan kotak suara dan kelengkapan kepada PPS pada hari yang sama.

Sedangkan Anggota KPPS memiliki tugas mengisi nama kecamatan, nama desa/kelurahan, dan nomor TPS pada surat suara. Lalu memberikan surat suara yang telah diisi nama kecamatan, nama desa/kelurahan, dan nomor TPS kepada Ketua KPPS untuk ditandatangani.

BACA JUGA :  Proyek Pengerjaan Badan Jalan Poros Empakuq Melak Terus Berlanjut

Mencatat jumlah surat suara yang diumumkan oleh Ketua KPPS ke dalam Sertifikat Hasil dan Rincian Penghitungan Perolehan Suara di Tempat Pemungutan Suara.

Anggota KPPS juga bertugas memastikan seluruh proses pencoblosan sampai perhitungan surat suara sesuai aturan yang berlaku.

 

Pewarta : Ichal

Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.