spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Munarman Ditangkap Densus 88, Eks Markas FPI Digeledah, Inilah Kasusnya

JAKARTA – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap mantan Sekretaris Umum (Sekum) Front Pembela Islam, Munarman. Munarman ditangkap di kediamannya sore tadi. “Pada hari Selasa (27/4) sekira jam 15.30 WIB. Tim Densus 88/AT menangkap pengacara HRS Munarman, SH di Perumahan Modern Hills, Cinangka – Pamulang, Tangerang Selatan,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono melalui pesan singkat, Selasa (27/4/2021) dikutip dari detik.com.

Saat ditangkap, Munarman mengenakan baju koko berwarna putih dan celana loreng. Ia dipegangi oleh sejumlah personel Densus 88. “Ini tidak sesuai hukum ini,” kata Munarman saat dibawa keluar dari rumah menuju mobil.

Lantas apa saja yang diketahui terkait penangkapan Munarman sore tadi?

Ditangkap Terkait Baiat Terorisme di 3 Kota
Penangkapan Munarman dilakukan usai ada dugaan dirinya terlibat kegiatan baiat di tiga kota terkait tindak pidana terorisme. Ia juga disebut menyembunyikan informasi soal terorisme. “(Ditangkap terkait) baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan,” jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Ramadhan kemudian menyebut kegiatan baiat yang melibatkan Munarman berkiblat ke ISIS. “Baiatnya kalau Makassar (ke) ISIS. Kalau Jakarta belum kami terima, Medan juga belum,” jelas dia. Sementara itu, Argo mengatakan penangkapan Munarman terkait dugaan menyembunyikan informasi perihal terorisme.

“Munarman diduga menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme, bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme, dan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme,” jelasnya.

Dibawa ke Polda Munarman kini dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu, tim Densus juga sedang melakukan penggeledahan di eks markas FPI di Petamburan. “Yang bersangkutan saat ini akan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan dan saat ini tim Densus 88 sedang melakukan penggeledahan di sekitar Petamburan,” kata Ramadhan.

Eks Markas FPI Digeledah
Eks Markas FPI di jalan Petamburan III kini digeledah oleh tim Densus 88 dan kini dipasang garis polisi. Pantauan di lokasi, terlihat sejumlah polisi bersenjata laras panjang ikut mengawal penggeledahan. Sementara itu, tim gegana Brimob juga turut mendampingi proses penggeledahan.

Temuan Bubuk Putih di Eks Markas FPI
Dalam penggeledahan di eks markas FPI, ditemukan benda mencurigakan berupa bubuk putih. Penemuan itu disampaikan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengky Haryadi.
“Densus menemukan dugaan benda mencurigakan berupa bubuk putih berjumlah empat kaleng. Namun Densus belum berani mengungkap,” ujar Hengky di lokasi, Selasa (27/4/2021).

Ajukan Praperadilan
Usai ditangkap, tim kuasa hukum mengaku akan menempuh jalur hukum praperadilan terkait Munarman. “Kita akan praperadilan,” ujar pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, saat dimintai konfirmasi soal penangkapan Munarman dikutip dari detik.com. (izt/dhn/red)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img