spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Prioritaskan Kenyamanan, Samarinda Central Plaza Siap Hadapi Lonjakan Pengunjung Jelang Lebaran

SAMARINDA — Mendekati Hari Raya Idulfitri,  Samarinda Central Plaza (SCP) mempersiapkan kemungkinan adanya lonjakan pengunjung.

Saat Media Kaltim mewawancarai perwakilan dari SCP, Gita Lidya, pada Senin (1/4/2024), dijelaskan bahwa SCP telah menambah personel di beberapa lini seperti keamanan, kebersihan dan perpakiran.

Hal itu bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik disaat ramainya para pengunjung menjelang Lebaran.

“Kami melakukan upaya preventif, yang pertama untuk bagian keamanan, kebersihan dan perparkiran, kita semua tambah orang. Supaya bisa menghandle keramaian di masa-masa mendekati lebaran ini. Yang kedua kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait seperti aparatur negara, polisi, TNI dan sebagainya,” jelasnya.

Demi memaksimalkan keamanan, pihak SCP  bekerja sama dengan Polisi menyiapkan pos keamanan yang akan dimulai dari tanggal 4 April nanti. Dengan begitu Samarinda Central Plaza menyatakan siap untuk memberikan keamanan terbaik bagi para pengunjung. Baik dari pihak eksternal maupun internal, SCP akan terus mengamankan keramaian yang akan terjadi.

Sejak 21 tahun sejak berdirinya Samarinda Central Plaza, Gita mengklaim jika SCP sendiri telah memiliki pelanggannya tersendiri. Tren menjelang lebaranpun selalu ramai dikunjugi, Gita memperkirakan lonjakan pengunjung bisa meningkat sebesar 50 persen,namun saat ini dikarenakan hari kerja, lonjakan pengunjung masih di angka 30-40 persen.

BACA JUGA :  Pengusaha Lokal vs PT Wika: Bos PT GMS Ancam Turunkan Ratusan Orang Jika Utang Tak Dibayar

Menurut Gita, hadirnya para tenant-tenant yang menyediakan kebutuhan lebaran dengan harga terjangkau di SCP menjadi dampak utama mengenai keramaian yang terjadi di SCP di masa menjelang Lebaran seperti saat ini.

“Karena di sini kebutuhan-kebutuhan itu relatif lebih terjangkau, misalnya kalau orang mencari  baju Lebaran di sini ada tenant-tenantnya seperti Ramayana, Boardriders, hingga Missisipi. Itu biasanya orang pastinya mencari kebutuhan pakaian atau untuk bermain bersama keluarga. Karena kan disini masih ada permainan yang menggunakan koin,” terangnya.

Jumlah pengunjung di Samarinda Central Plaza sendiri bisa mencapai 1 – 1,5 juta selama sebulan, itupun dalam kondisi normal. Dengan perputaran pengunjung sebanyak itu, pihak SCP telah memaksimalkan area parkir yang ada dalam area SCP.

Gita menekankan bahwa SCP telah menertibkan berbagai upaya untuk menertibkan perparkiran yang ada di area SCP. Kemudian untuk area di depan SCP, Dishub telah berkomitmen untuk menertibkan dan bukan wewenang dari SCP itu sendiri.

“Kami secara internal sudah melakukan berbagai upaya maksimal. Misalnya di tempat parkir basemen sudah ada pedestrian pejalan kaki dan juga ada marka baru. Kami terus berbenah,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Calon Perseorangan Se-Kaltim, Baru Zairin-Sarwono yang Memenuhi Syarat, KPU Beri Waktu 3 Hari untuk Lengkapi Kekurangan

Ditanyakan perihal target SCP pada lebaran tahun ini, Gita menuturkan setiap tenan tentu memiliki targetnya sendiri-sendiri. Namun dari pihak SCP akan terus memprioritaskan tempat belanja yang aman, nyaman dan bersih serta ruang parkir. Dengan begitu, tentunya pengunjung akan merasa senang untuk terus berbelanja di SCP.

Di akhir, Gita tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya SCP akan melakukan renovasi secara perlahan. Hal itu berkaitan dengan peremajaan pada bangunan SCP, akan tetapi renovasi itu tidak akan mengganggu kegiatan jual beli, sebab renovasi tersebut tidak bersifat renovasi total.

Pewarta : Khoirul Umam
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.