spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tiga Mahasiswa FKIP UNMUL Dapat Beasiswa ke Adelaide University Australia

SAMARINDA-Mahasiswa berprestasi dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul) mendapatkan   beasiswa ke Adelaide University, Australia. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda, Asli Nuryadin pada Rabu (17/1/2024).

“Jatah sebenarnya ada 10 mahasiswa yang akan diberangkatkan nantinya. Programnya sudah jalan. Sebelumnya pak wali bertemu dengan kedutaan besar Australia, dan sudah menjalin kerjasama,” ungkapnya.

Dari 10 mahasiswa tersebut, Asli menyebutkan akan terbagi antara wilayah provinsi dan kota. Ia menambahkan, program ini diperuntukan mahasiswa yang mengambil S2, yang nantinya mereka berkesempatan untuk meraih dua gelar sarjana (double degree).

“7 diambil oleh provinsi, 3 mahasiswa dari Samarinda. Jadi mereka nanti satu tahun di Unmul, satu tahun di Australia,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa untuk pembiayaan satu tahun di luar negeri akan ditanggung oleh negara bagian Australia. Sedangkan Pemerintah Kota Samarinda hanya membiayai kuliah satu tahun di UNMUL.

“Total beasiswanya Rp 115 juta untuk 3 mahasiswa tadi di UNMUL. Pertengahan tahun depan (2025) mungkin mereka berangkat ke Adelaide,” bebernya.

BACA JUGA :  Pengusaha Said Amin Diperiksa KPK, Buntut Kasus Dugaan TPPU Mantan Bupati Kukar

Asli mengatakan, proses seleksi dan indikator mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ke Adelaide University, sepenuhnya dikelola oleh Universitas Mulawaran. Mulai dari kompetensi dalam bahasa inggrisnya, hingga aspek lainnya yang memenuhi syarat dalam penerimaan beasiswa.

Kendati begitu, pihak Pemkot berharap jika program beasiswa Adelaide University Australia ini bisa terus dilanjutkan ke depannya. Terlebih, bisa memfasilitasi mahasiswa lainnya dengan skala yang cukup besar.

“Mereka bisa menambah wawasan serta pengalaman yang bagus, dan kembali ke sini untuk memberikan kontribusinya dalam dunia pendidikan, Ini kan hanya tiga mahasiswa yang mewakili Samarinda, semoga kedepannya bisa lebih banyak lagi mahasiswa yang bisa keluar negeri,” tutupnya.

 

Pewarta : Hanafi

Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti