spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perayaan Natal Oikumene Kubar Bawa Pesan Perdamaian Antar Sesama

KUTAI BARAT – Dalam suasana suka cita Natal, menjadi momen untuk memperbaiki hubungan persaudaraan dengan balutan perdamaian dan kasih Kristus.

“Mari kita berdamai, dengan tetangga dan dengan siapapun. Kita Berdamai,” ajak Bupati Kutai Barat FX Yapan saat menyampaikan sambutannya pada perayaan Natal Oikumene Kutai Barat, di Taman Budaya Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok, Rabu (27/12/23).

Acara perayaan ini mengangkat tema “Mengagungkan Tuhan Memuliakan Sang Pencipta di Bumi Tana Purai Ngeriman yang Damai, Rukun dan Sejahtera Menuju Hari Esok Yang Lebih Baik”.

Menurut Bupati Kubar, momen Natal dapat dimanfaatkan untuk merenungi makna kelahiran Yesus Kritus. Karena  kelahiran  Yesus Kristus merupakan anugerah yang memberkati dalam kehidupan.

“Karena melalui kelahiran Tuhan Yesus Kristus, Allah sudah mendamaikan manusia dengan diri-Nya dengan melalui kelahiran Yesus Kristus. Maka oleh sebab itu, wajib kita mewartakan tentang perdamaian ini,” ucapnya.

Melalui momen itu juga FX. Yapan merasa bersyukur sekaligus mengucapkan terima kasih kepada para pemuka dan tokoh agama yang turut membantu pemerintah. Terutama pembangunan di bidang rohani. Karena pembangunan di bidang rohani melalui pembinaan iman merupakan bagian dari kemajuan pembangunan daerah.

BACA JUGA :  Sasaran TMMD Akan Berikan Dampak Positif bagi Masyarakat Kampung Kelian

Kemudian dalam khotbah yang disampaikan Pastor Carolus Boromeus Mulyatno, bahwa kelahiran Yesus Kristus diingatkan lagi untuk memaknai perayaan Natal. Karena Natal sebagai perutusan misi untuk memuliakan Tuhan Allah.

“Dengan demikian perayaan Natal Ini menjadi perayaan iman akan karya penyelamatan dan penebusan,” ucapnya.

Maka Natal adalah pemuliaan Allah, pelestarian hidup pribadi manusia dan lingkungan secara utuh sebagai saudara. Sehingga Natal juga sebagai spritualis menghargai, mencintai, dan mengembangkan hidup agar bermakna.

“Bukan hanya hidup untuk diri sendiri tapi hidup untuk sesama, untuk lingkungan sekitar. Seperti kesaksian dan teladan Tuhan Yesus,” sebutnya.

Perayaan Natal Oikumene Kutai Barat yang diikuti ribuan umat kristiani berjalan penuh khidmat. Dengan  Pastor Tadeus Sam Anyeq memimpin ibadah Misa  Ekaristi Natal Oikumene. (rls)

Pewarta: Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti