spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pohon Beringin Setinggi 15 Meter di Balikpapan Tumbang dan Timpa Bangunan Sekolah

BALIKPAPAN – Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan menyebabkan sebuah pohon berukuran besar di Jalan Komplek PU III, RT 19 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota tumbang dan menimpa bangunan ruang UKS dan Kantor Sekolah, Senin (4/12/2023) sekitar pukul 11.30 Wita.

Pohon raksasa yang tumbang merupakan jenis pohon Beringin dengan diameter batang sekitar 1 meter dengan ketinggi pohon mencapai 15 meter lebih. Hujan deras yang mengguyur Balikpapan sejak Senin dini hari membuat pohon yang tumbuh di seberang Sekolah PAUD Santa Miriam tumbang.

Kepala Sekolah PAUD Santa Miriam, Juliana mengatakan, sebelum rubuh salah satu pekerja sekolah sempat melihat tanah di seberang sekolah terangkat. Juliana yang khawatir terjadi sesuatu lantas menghubungi pihak Keluarahan agar segera mendapat penanganan. Pasalnya, di tanah yang terangkat tersebut, berdiri pohon besar.

“Jam 8-an itu belum roboh, saya evakuasi anak-anak ke aula SD. Saya langsung berdiri di dekat sini sambil was-was. Pas nunggu itu tiba-tiba langsung rebah, pelan-pelan rebahnya,” ujarnya.

Julianan menjelaskan, pohon tersebut merusak atap ruang UKS dan ruang Kepala Sekolah. Sementara pada ruang belajar masih berjarak beberapa meter dari lokasi pohon tumbang. Selain itu pohon tumbang juga menutupi jalan masuk menuju sekolah.

BACA JUGA :  Sepanjang Tahun 2022, BNNK Balikpapan Rehabilitasi 60 Pecandu Narkotika

“Kami liburkan dulu proses belajar sampai proses penanganan pohon tumbang ini selesai dikerjakan. Kemungkinan Kamis atau Jumat sudah mulai kembali,” jelasnya.

Sementara itu Pelakasana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Usman Ali mengatakan, proses evakuasi pemindahan pohon tumbang berukuran raksasa tersebut harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, pohon tersebut turut menimpa kabel PLN yang teraliri listrik bertegangan 20 ribu watt.

“Saat ini sudah diputus sudah dimatikan, kita lagi proses penebangan dengan teman teman DLH, TNI POLRI dan Relawan,” ujar Usman.

Pohon tersebut dipotong beberapa bagian. Penanganan awal, pihaknya akan menebang bagian tengah yang menutup badan jalan dan pintu masuk sekolah. Usman memastikan tak ada korban jiwa dalam musibah pohon tumbang tersebut. Saat kejadian, siswa sekolah juga telah dievakuasi.

“Kendala saat ini karena posisi pohon ini cukup tinggi, kami harus tebang dari atas, kemudian hati hati kabel disitu gak boleh terkelupas ataupun mengenai kabel,” jelasnya.

Untuk mempercepat penanganan pohon tumbang tersebut. Usman melibatkan setidaknya kurang lebih 30 personel baik dari BPBD Balikpapan, DLH, TNI Polri, juga relawan Balikpapan. “Prosesnya kurang lebih 1 sampai 2 jam harus bisa kami selesaikan,” tutupnya.

BACA JUGA :  Polisi Kembali Tangkap 2 Tahanan yang Kabur

Penulis: Aprianto
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img