spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sudirman: Pemkab PPU Bangun Puskesmas di Pesisir Penajam

PPU – Anggota Komisi III DPRD Penajam Paser Utara (PPU) Sudirman meminta ada pemerataan pembangunan di sektor kesehatan. Yakni dengan membangun fasilitas kesehatan, puskesmas di wilayah pesisir Benuo Taka.

Peningkatan pelayanan kesehatan menjadi salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah. Sebagai bentuk pelayanan dan menjamin kesehatan masyarakat.

“Kami meminta kepada pemerintah, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah pesisir, khususunya di Kecamatan Penajam,” ucapnya, Sabtu (25/11/2023).

Ada tiga kelurahan bertetangga di pesisir Penajam dalam penialaiannya yang membuthkan pelayanan dasar tersebut. Antara lain, Kelurahan Pantai Lango, Gersik dan Jenebora.

Diketahui memang di wilayah pesisir ini belum memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai. Di sana hanya ada satu Puskesmas Pembantu (Pusban) yang ada di Kelurahan Gersik.

“Di sana hanya ada satu Pusban, tentu kelengkapan pelayanannya sangat terbatas dibandingkan Puskesmas,” jelasnya.

Sudirman menjelaskan, tiga kelurahan di pesisir Kecamatan Penajam harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Baik melalui jalur darat maupun jalur laut apabila hendak berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung.

BACA JUGA :  Bawaslu Bakal Bangun Posko Pengawasan Medsos, Pantau Netralitas ASN PPU di Pemilu 2024

“Melihat kondisi geografis tersebut memang diperlukan membangun Puskesmas untuk melayani tiga kelurahan itu,” tandasnya.

Selain itu, pembanguna puskesmas ini juga harus diwujudkan karena wilayah tersebut juga berada tepat di pinggiran kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Pun masuk area pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Bandara VVIP IKN mulai dibangun, semestinya Kita juga harus cepat menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai,” tutup Sudirman. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.