spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Literasi sejak Usia Dini, Siswa SD di Bontang Diajarkan Menulis

BONTANG – Sebanyak 30 sekolah dasar (SD) telah berpartisipasi dalam Tour Literasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang. Setiap sekolah diwakili oleh 5 siswa-siswi untuk mengikuti program “Kecil-kecil Punya Karya” yang bertujuan untuk memperkenalkan literasi kepada anak-anak sejak usia dini.

Pustakawan DPK Bontang, Yunita Triana, menjelaskan bahwa kegiatan “Kecil-kecil Punya Karya” merupakan bagian dari Tour Library 2023 yang bertujuan untuk membiasakan literasi pada siswa-siswi sejak usia dini. Selain itu, dalam kelas menulis ini, siswa-siswi SD mendapat kesempatan untuk belajar dari penerbit Mizan tentang cara menulis untuk anak-anak atau siswa-siswi.

“Para narasumber berasal dari penerbit Mizan. Mereka memberikan wawasan bahwa menulis dapat dimulai sejak usia dini,” ujar Yunita Triana kepada Mediakaltim.com pada Selasa (28/11/2023).

Selain pemberian materi, siswa-siswi SD juga diajarkan cara menulis secara praktis, dan karya terbaik akan dipilih untuk dipublikasikan atau diterbitkan.

“Karya terbaik yang dipilih akan diterbitkan oleh penerbit Mizan,” tambahnya.

Yunita Triana juga mengungkapkan bahwa kegiatan literasi menulis ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak usia dini atau siswa-siswi agar gemar menulis. Bersama Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), mereka berusaha untuk memotivasi siswa-siswi agar tertarik untuk menulis.

BACA JUGA :  Puncak Gebyar UMKM Diramaikan Wayang Kulit Lakon Gatot Koco Winisuda

“Iya, ini adalah upaya untuk mendidik anak-anak agar gemar menulis sejak dini,” ucapnya. (yah)

Pewarta: Yahya Yabo
Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti