spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wahid: Adanya BLK Bantu Pemerintah Tingkatkan Kompetensi SDM Lokal

PPU – Anggota Komisi I DPRD Penajam Paser Utara (PPU), Abd Rahman Wahid terus mendorong terealisasinya balai latihan kerja (BLK) ada di daerahnya. Sebagai jawaban atas solusi percepatan peningkatan kompetensi masyarakat di dunia kerja dan menyongsong pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurutnya, BLK memiliki peran vital sebagai wadah pengembangan ketrampilan masyarakat. Keberadaannya juga dianggap penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sekaligus menjaga daya saing masyarakat Benuo Taka.

“Hadirnya BLK ini kan memiliki peran yang cukup penting dan sangat strategis dalam meningkatkan keterampilan serta daya saing masyarakat PPU jelang IKN,” ujarnya.

Selain itu, melalui lembaga tersebut diproyeksikan mampu menjawab masalah pengangguran hingga memperkecil kesenjangan sosial di masyarakat. Dengan mengikuti pelatihan di BLK, menjadi bekal masyarakat khusunya generasi muda dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. “Kompetensi ataupun kemampuan masyarakat bisa ditingkatkan melalui pelatihan di BLK,” sebut Wahid.

Lanjut Wahid, Pemkab PPU dalam hal ini diharapkan dapat bekerja sama dengan BLK luar daerah. Agar adanya BLK di PPU dapat segera direalisasikan. “Selain meningkatkan skill, lulusan BLK juga akan lebih mudah diserap oleh perusahan-perusahaan swasta,” jelasnya.

BACA JUGA :  Makmur Tinjau Langsung Penilaian Percontohan Desa Anti Korupsi Desa Tengin Baru

Terlebih, tiap BLK diyakini juga memiliki kurikulum pelatihan dan program-program berkelanjutan. Yang biasanya, juga memberikan bantuan untuk mendapatkan pekerjaan. “Program yang sudah ada harus berkelanjutan, bukan hanya sekedar memberikan pelatihan akan tetapi kita harus tahu goals nya dimana dan akan sampai mana,” tutup Wahid. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img