spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Upaya Membuka Lowker Seluas-luasnya, DPRD Kukar Puji Distransnaker

TENGGARONG – Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Abdul Rasid, mengapresiasi upaya Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar dalam merealisasikan program Kukar Siap Kerja. Salah satunya adalah kegiatan Job Fair yang digelar pada 15-16 November kemarin.

Diketahui, selama kegiatan bursa kerja yang digelar di Gedung Puteri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang berlangsung, terdapat 740 lowongan kerja. Dengan 160 jabatan dari 33 perusahaan ditawarkan pada para pencari kerja.

“Masyarakat Kukar diharapkan dapat memanfaatkan momentum untuk mendapatkan pekerjaan secara maksimal,” ujar Rasid, Senin (20/11/2023).

Rasid juga mengingatkan, agar perusahaan yang beroperasional di Kukar dapat membuka lowongan pekerjaan tanpa mencantumkan syarat pengalaman pekerjaan. Mengingat tidak semua pencari kerja di Kukar telah memiliki pengalaman, banyak dari mereka yang baru lulus kuliah atau sekolah.

“Saya yakin dengan ada banyak pihak, kami sebagai legislatif yang punya fungsi pengawasan berharap, masalah pengangguran dan kemiskinan di Kukar bisa diatasi,” sambungnya.

Disisi lain, Plt Kepala Distransnaker Kukar, Muhammad Hatta, mengatakan pihaknya telah menyelenggarakan Job Fair sebanyak tiga kali. Untuk tahun ini agenda tersebut telah menyediakan lowongan kerja untuk 1.512 orang.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Kukar Ikut Hadiri Penyerahan Baksos yang Digelar AKABRI

“Job Fair ini juga memberikan platform bagi perusahaan untuk memperluas jaringan mereka dan mendapatkan bakat-bakat terbaik,” kata Hatta.

Tidak hanya Job Fair, Distransnaker Kukar juga gencar memberikan pelatihan keterampilan kerja melalui program Kukar Siap Kerja. Program ini dirancang untuk memberikan pelatihan kompetensi bagi masyarakat untuk mencari kerja atau membuka usaha.

Berbagai pelatihan mulai dari menjahit, tata boga, welder, hingga sertifikasi tukang bangunan sudah diberikan. Bahkan, sebagian dari mereka mendapat bantuan berupa peralatan usaha agar mereka bisa memulai bisnis sendiri. “Tujuannya agar tercapai kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Ady Wahyudi
Editor : Muhammad Rafi’i

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img