spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pameran Produk Perikanan Jadi Peluang Peningkatan Jejaring Usaha Pelaku UMKM

JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar acara peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10 tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta pada 19-21 November 2023.

Kegiatan yang bertajuk “Ikan untuk Generasi Emas” tersebut bukan hanya mengajak masyarakat untuk selalu mengonsumsi ikan. Namun juga menjadi motivasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) meningkatkan usahanya.

“Dalam  kegiatan ini kita juga memperhatikan keberlangsungan para pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan. Diharapkan dapat  mengembangkan jejaring usaha, termasuk ekspor,” ungkap Direktur Usaha dan Investasi, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Catur Sarwanto di sela acara pada Senin (20/11/2023).

Catur menjelaskan, sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor yang cukup penting bagi Indonesia. Pasalnya, sektor ini termasuk sumber daya unggul dengan memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional  sekitar 5,91 persen dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

“Oleh sebab itu, yang dicapai oleh Indonesia tentu menjadi motivasi bagi kita untuk terus kita gerakkan dan kita dorong agar usaha ini bisa berkembang,” katanya.

BACA JUGA :  Suasana Haru Warnai Pisah Sambut Kapolres Bontang, Gelar Payung Pora dan Pedang Pora

Selain itu,  ke depannya sektor kelautan dan perikanan diharapkan bukan hanya memiliki fungsi sebagai penyedia produk sumber protein, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.

“Kita tahu bahwa sektor ini lebih besar didominasi oleh para pelaku UMKM. Tentu kami juga menyadari ada beberapa  keterbatasan yang dimiliki mereka terkait akses teknologi, permodalan dan pemasaran. Maka hal ini perlu kita pecahkan bersama,” tutur Catur.

Pada kesempatan ini, lanjut dia, pemerintah melalui KKP akan membantu para pelaku UMKM di sektor kelautan dan perikanan untuk naik kelas.  Yakni dengan memberikan pembekalan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM.

“Nanti akan kita berikan pendampingan dari perbankan. Bagaimana nanti agar pelaku bisa naik kelas meningkatkan akses pasarnya terutama pasar ekspor.  Selain itu juga peningkatkan kemampuan digitalisasi tentang usaha. Misalnya, bagaimana nanti manajemen usaha para pelaku UMKM bisa diperbaiki dan mendukung jalannya usaha,” pungkasnya.

Pewarta : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.