spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meski Minim Persiapan, ‘Semangka untuk Gaza’ Dapat Respon Positif

SAMARINDA – Semangka untuk Gaza, tajuk acara dari galang dana dan solidaritas Palestina yang digelar Kedai Suguhan bersama Kalimantana, Jumat, (10/11/2023), meraih atensi, dan respon positif dari sejumlah pihak.

Salah satu founder Kedai Suguhan Andi Desky, menjelaskan bahwa sejumlah partisipan, menyukseskan kegiatan tersebut. Tak hanya dalam bentuk donasi, namun juga kontribusi dan dukungan lainnya.

“Kalau boleh jujur kegiatan ini sangat minim persiapan, dengan waktu yang sempit. Tapi dengan dukungan, teman-teman media, komunitas dan beberapa figur,  galang dana ini bisa terselengggara,” bebernya usai acara.

Pria yang juga berprofesi sebagai wartawan ini menjelaskan, dalam penyelenggaraannya, donasi dapat dilakukan dengan beberapa opsi. Pertama melalui link dan QR yang disediakan Rumah Zakat Cabang Samarinda, kedua melalui rekening dan QR Kedai Suguhan, serta tunai di tempat acara.

Pada gelaran tersebut juga dilakukan penjualan buku, yang seluruh hasil penjualannya akan di donasikan. Selain itu Kedai Suguhan juga memberikan donasi, lewat hasil penjualan menu yang mereka sajikan. Adapun donasi yang terhimpun dalam gelaran ‘Semangka untuk Gaza’ sejumlah +-Rp4.578.000.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Kaltim Sebut IKN Simbol Identitas Bangsa dan Pusat Inovasi Ekonomi Baru

“Ini belum termasuk dukungan untuk pelaksanaan acara. Hasil galang dana offline dan online, hingga acara berakhir buat saya pribadi luar biasa, respon publik positif,” ungkapnya.

Selanjutnya, Andi mengatakan akan koordinasi lebih lanjut dengan Rumah Zakat Cabang Samarinda merekap donasi, dan melakukan serah terima. Ia berharap donasi yang terhimpun dapat diserahkan kepada warga Palestina yang membutuhkan untuk sedikitnya, membantu musibah kemanusiaan yang terjadi di Palestina.

“Ada saja presepsi kita FOMO (Fear Of Missing Out) lah, atau omongan lebih peduli negara lain, tapi ternyata banyak yang terlibat ngasih kontribusi. Tidak hanya materi, tapi energi, pemikiran. Mungkin angkanya nggak akan pernah cukup ngurangi penderitaan warga Palestina, tapi setidaknya kita buat aksi nyata. Makasih buat teman-teman jurnalis, sukarelawan acara, para penampil dan tentunya para donatur,” tukasnya.

Sementara Founder Kalimantana, Rusdi, menyebut galang dana yang digelar merupakan wujud kolaborasi, dari sejumlah pihak. Ia pun menyatakan komitmen, kegiatan semacam ini, akan kembali digelar oleh pihaknya.

“Kalau kita lihat kan yang berkontribusi banyak. Ada jurnalis, penulis, musisi, komunitas, dan sejumlah nama tokoh di Kaltim. Artinya kalau kolaborasi, pasti bisa capai tujuannya, yang jelas kegiatan ini bukan yang terakhir. Saya terima kasih buat semua yang sudah terlibat,” tutup Rusdi. (rls)

BACA JUGA :  Dewan Kehormatan Minta PWI Kaltim Tanggapi Protes Anggota Tim Formatur PWI Kutim

Pewarta : Andi Desky
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img