spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siap jadi Penyuplai Daging IKN, UG Gandeng Pemkab PPU Gelar Pelatihan Penerapan Teknologi dan SDM Sektor Peternakan

PPU – Proyeksi migrasi atau mobiliasi penduduk seiring pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) perlu kesinambungan pasokan pangan. Hal ini membuka peluang besar bagi Penajam Paser Utara (PPU) untuk menjadi penyuplai utama.

Berbagai peluang dan tantangan ini menjadi topik diskusi dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Universitas Gunadarma (UG). Bekerjasama dengan Pemkab PPU melalui Dinas Pertanian (Distan) PPU yang digelar belum lama ini.

Para peserta juga mendapat motivasi tambahan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Yang memenuhi undangan dari Rektor UG, Margianti. Termasuk PJ Bupati PPU, Makmur Marbun juga hadir dan sekaligus mendampingi kunjungan Muhadjir.

Makmur berharap agar perguruan tinggi tidak boleh diam. Perguruan tinggi harus bisa melihat  apa sesungguhnya yang diperlukan oleh bangsa dan pemerintah baik Provinsi dan juga Kabupaten.

“Salah satu yang saya lihat adalah SDM. Kalau SDM ini tidak kita buat, bagaimana menghadapi IKN sebagai Ibu Kota Negara. Oleh karena itu saya mengapresiasi terselenggaranya pelatihan yang dilaksanakan oleh Universitas Gunadarma di Kabupaten PPU ini,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kepala ATR/BPN Jawab Protes Warga: Sertifikasi Tanah di PPU Akan Diintegrasikan ke IKN

Pelatihan tersebut merupakan salah satu kegiatan dari program pembinaan UMKM berbasis kemitraan yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek. Dilaksanakan di Kampus Universitas Gunadarma PSDKU di Kecamatan Penajam pada tanggal 3 November 2023.

Peserta sebanyak 35 orang berdiskusi intensif dengan dua narasumber yaitu Didik Kurniadi dari Distan PPU, dan Fachriyan H Pasaribu. Keduanya memaparkan mengenai usaha meningkatkan produktifitas pada peternakan ayam dari sisi sumber daya manusia, kandang, pakan dan minum, serta obat dan vitamin, serta membahas pengaruh lingkungan terhadap budidaya peternakan ayam.

“Faktor-faktor penting pada tata kelola peternakan menjadi topik menarik bagi peserta pelatihan yang Sebagian besar masih tergolong usaha kecil,” jelasnya.

Peningkatan indek performa ayam, khususnya ayam pedaging atau ayam potong, menjadi target utama dalam bisnis ayam potong, Indeks peforma yang tinggi relatif menjanjikan keuntungan yang tinggi. Namun banyaknya faktor yang mempengaruhi kesehatan ayam memerlukan keseriusan dan daya tahan dari para pelaku usaha di sektor peternakan.

Dari pelatihan ini, terungkap pula bahwa pengelolaan peternakan ke depannya mulai bergeser. Dari cara tradisional menjadi cara yang lebih modern melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

BACA JUGA :  PPU Festival Ke-2 2024 Resmi Dibuka, Makmur Marbun; Wujud Peran Strategis Dukung Pembangunan IKN

“Kualitas tenaga kerja lokal menjadi salah satu kunci keberhasilan membangun daerah. Khususnya Kabupaten PPU yang sangat strategis karena keberadaan Ibu Kota Nusantara yang sedang terus dibangun,” tutup Makmur. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img