spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dispora Kukar Resmi Buka Pesoda 1 Kaltim 2023

TENGGARONG – Pekan Special Olympic Daerah (Pesoda) 1 Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023 di Kutai Kartanegara (Kukar), resmi dibuka. Pembukaan digelar di Halaman Kantor Bupati Kukar, pada Kamis (26/10/2023). Pembukaan diawali dengan defile peserta dari 10 kabupaten dan kota di Kaltim.

Dilanjutkan beberapa penampilan musik dari penyandang disabilitas dan tarian pembuka dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tenggarong. Serta eksibisi pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Bocce, antara sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar dan salah satu atlit yang menjadi bagian kontingen.

Sekretaris Dispora Kukar, Safliansyah, pun mengapresiasi terselenggaranya Pesoda 1 Kaltim 2023, dengan Kukar sebagai tuan rumah. Ia pun berharap, event ini akan menjadi event tahunan yang kembali digelar pada tahun-tahun berikutnya.

Laga eksibisi antara salah satu atlet bersama Sekretaris Dispora Kukar, Safliansyah. (Rafi’i/Media Kaltim)

“Kami senang melihat anak-anak kita yang hadir, tidak hanya berbicara olahraganya saja, tapi juga kesetaraan, inklusi sosial, dan ternyata mereka punya semangat yang besar,” ungkap Safliansyah.

Tak hanya itu, Pesoda 1 ini pun sebagai langkah pemerintah untuk mewadahi para anak-anak spesial ini untuk berprestasi. Ini pun menjadi wadah bagi para pengurus SOIna seluruh kabuydan kota di Kaltim untuk terus bersilaturahmi. Memastikan event ini bisa terus berlanjut di tahun berikutnya.

BACA JUGA :  Tidak Lagi di Disperkim, Ratusan Pasukan Merah Putih Kini Diambil Alih DLHK Kukar

“Agar anak-anak kita bisa ada tempat untuk berprestasi,” tutup Safliansyah.

Diketahui , Pesoda 1 Kaltim tahun 2023 digelar selama 4 hari, sejak 24-27 Oktober. Diikuti 200 atlet dengan berkebutuhan khusus. Total sebanyak 7 cabor yang dipertandingkan, diantaranya atletik, renang, bocce, boccia, bulutangkis, sepakbola dan tarian daerah.

Dipertandingkan di 5 venue yang sudah ditetapkan oleh panitia. Yakni di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang untuk cabor atletik, bocce dan boccia. Cabor sepakbola di Lapangan Mini Soccer Dispora Kukar, Cabor Bulutangkis di Lapangan Bulutangkis DPRD Kukar, Cabor Renang di Kolam Renang Junjung Buyah dan Lobi Utama Dispora Kukar untuk cabang Tarian Daerah. (adv)

Penulis : Muhammad Rafi’i

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.