spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diskominfo PPU Tuntaskan Sosialisasi SP4N-LAPOR! di Kecamatan Sepaku

PPU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) menuntaskan Sosialisasi Pengelolaan Pengaduan Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) ke seluruh kelurahan/desa di PPU. Terakhir, seluruh kelurahan/desa di Kecamatan Sepaku menjadi tempat terakhir pelaksanaan sosialisasi, Senin (23/10/2023).

Adapun kegiatan bertemakan SP4N-LAPOR! sebagai Kanal Pengaduan warga ini disampaikan langsung arasumber dari Diskominfo PPU Roinald Pagayang. Ia menjelaskan lembaga pengelola SP4N-LAPOR! adalah KemenPAN-RB sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP).

“Sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik,” ujarnya.

SP4N LAPOR! adalah pengelolaan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan pelayanan publik. Yang dilaksanakan secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik masyarakat.

Sosialisasi ini bertujuan tidak hanya untuk memperkenalkan aplikasi SP4N-LAPOR!. Tetapi juga untuk memberdayakan masyarakat dengan literasi media dan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).

Pemkab PPU melalui Diskominfo PPU dalam hal ini berkomitmen tinggi dalam melaksanakan tindak lanjut perbaikan dari KemenPAN-RB ini. Dengan menjalankan rencana aksi dalam rangka percepatan pengelolaan pengaduan.

BACA JUGA :  Jokowi: Persemaian Mentawir Siap Hijaukan IKN

Menurutnya, aplikasi ini telah menjadi bagian penting dari upaya untuk memotong birokrasi dan mempercepat penyelesaian masalah di instansi pelayanan publik. Yang lebih penting lagi, identitas pelapor dijamin kerahasiaannya, menciptakan lingkungan yang aman bagi warga yang ingin melaporkan masalah seperti penyimpangan dana di desa atau kejanggalan dalam pelayanan publik.

“Sosialisasi berjalan dengan baik dan lancar seperti biasa di akhir kegiatan diselingi dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta,” pungkas Ronald. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.