spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kunjungi PPU, Diskominfo Bontang Studi Tiru Penerapan KIM

PPU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) kedatangan rombongan Diskominfo Kota Bontang, Jumat (20/10/2023). unjungan itu dalam rangka studi tiru pelaksanaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kunjungan rombongan Diskominfo Bontang  dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ilham Wahyudi. Menyambutnya, Kepala Diskominfo PPU, Khairudin yang didampingi oleh Kepala Bidang Sumberdaya TIK dan Statistik Fitriani dan Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik dan Kehumasan Siswanto di ruang Media Center.

Khairudin sangat mengapresiasi kunjungan untuk menggali informasi mengenai strategi kegiatan pembinaan KIM di PPU untuk diimplementasikan. Dalam kesempatan itu, Ketua KIM Panguripan Desa Sumber Sari Alif Mustofa, memberikan pemaparan terkait pengembangan dan pemberdayaan KIM yang sudah dijalankan dengan baik di Desa Sumber Sari.

“Kami juga mengundang Ketua KIM dari Desa Sumber Sari Kecamatan Babulu yang akan memberikan pemaparan program yang sudah dijalankan di desanya,” ungkapnya.

Ia juga memberikan penjelasan bahwa Diskominfo tidak bisa berdiri sendiri, yang artinya seluruh perangkat daerah yang ada di lingkup pemerintah. Baik Pemkab PPU maupun Pemkot Bontang yang saling membutuhkan supporting untuk bersama-sama membangun informasi, yang merupakan bagian dari corong pemerintah.

BACA JUGA :  Gagal Melaju secara Independen, Bapaslon Risa - Alfin Dinilai Tak Memenuhi Syarat

“Sementara KIM  itu sendiri adalah perpanjangan tangan dari Kominfo untuk, menyukseskan informasi-informasi  yang berada di lingkup desa-desa,” kata Khairudin.

Seperti diketahui, Diskominfo PPU telah sukses melakukan pemberdayaan dan pengembangan KIM yang sudah terintegrasi. Hal inilah menjadi inspirasi Diskominfo Kota Bontang berkunjung ke PPU untuk studi tiru pembinaan terhadap KIM.

Dengan adanya UU 14/2008 tentang  Keterbukaan Informasi Publik semakin mendorong pentingnya kehadiran KIM sebagai media pelayan informasi. Keberadaan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) inilah Diskominfo PPU melaksanakan pembinaan terhadap KIM. Sebagai lembaga layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan IKP Diskominfo Bontang, Ilham wahyudi menyampaikan ucapan terima kasih penerimaan kegiatan studi tiru ini.Dijelaskan bahwa di Kota Bontang KIM sudah lama tidak aktif.

Dengan studi tiru  banyak hal baru yang di dapat. Dipastikan selanjutnya hasil dari kunjungan ini akan diimplementasikan dan berkembang bersama-sama dengan saling sharing terkait KIM yang ada di PPU.

“Kami sudah memiliki hubungan baik selama ini dengan Pemerintah Kabupaten PPU dan melihat bahwa KIM yang ada disini sudah berjalan cukup baik,” pungkasnya. (ADV/SBK)

BACA JUGA :  Anggaran Minim, KPU PPU Tetap Maksimalkan Pelaksanaan Kegiatan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.