spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kubar Jadi Penyangga IKN, Fokus Perencanaan Jangka Panjang

KUTAI BARAT – Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Kutai Barat, H. Rakhmat, membuka acara Focus Group Discussion (FGD) tentang penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dengan Fokus pada Aspek Sumber Daya Manusia (SDM), Tata Kelola, dan Peluncuran SIPEKA.

Acara berlangsung di lantai dua ruang rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Litbang (Bappedalitbang) Kubar, di komplek perkantoran Pemkab Kubar, Jumat (20/10).

Asisten II H. Rakhmat, mewakili Bupati Kubar, FX Yapan, menyampaikan pentingnya perencanaan pembangunan jangka panjang selama 20 tahun ke depan, terutama karena Kutai Barat akan berperan sebagai salah satu penyangga Ibu Kota Negara di masa mendatang.

“Hal ini menunjukkan bahwa arah pembangunan akan menjadi lebih kompleks di masa depan, dengan harapan menciptakan peradaban yang lebih baik bagi masyarakat Kutai Barat,” tambahnya.

Untuk mewujudkan hal ini, diperlukan pemikiran dan gagasan yang komprehensif, yang akan diwujudkan dalam bentuk Visi, Misi, dan Sasaran Pokok dalam jangka panjang, sebagaimana diuraikan dalam agenda kerja RPJMD pada setiap periode kepemimpinan kepala daerah terpilih.

BACA JUGA :  Pemkab Kubar Menggelar Festival Ramadan, Diramaikan dengan Beragam Lomba

Rakhmat juga menjelaskan mengenai peluncuran “SIPEKA,” sebuah instrumen pendukung yang dikembangkan oleh bidang perencanaan pengendalian dan pembangunan daerah. Alat ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja triwulanan guna menciptakan perencanaan dan evaluasi kinerja yang terukur dan terstruktur di setiap Instansi Perangkat Daerah.

Rakhmat juga mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan forum ini secara maksimal dan untuk tetap berkomitmen dalam mencapai tujuan pembangunan daerah, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Tujuan ini meliputi peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan usaha, akses dan kualitas layanan publik, serta daya saing daerah.

“Mari berikan kontribusi pemikiran untuk kemajuan Kabupaten Kutai Barat, terutama dalam program pembangunan 20 tahun ke depan, demi menciptakan ‘Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini’,” pungkasnya.

Pewarta: Ichal
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.