spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Balikpapan Fest 2023: Merayakan Keragaman Budaya Dunia di Nusantara

BALIKPAPAN – Balikpapan Fest 2023, acara tahunan digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome mulai 20 hingga 22 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, Balikpapan Fest 2023 melibatkan para pelaku industri kreatif lokal dan telah menjadi salah satu agenda nasional yang menarik perhatian dari Kementerian Pariwisata RI, serta menjadi bagian dari kalender program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023.

“Balikpapan Fest 2023 yang merupakan edisi keempat penyelenggarannya, mengambil tema ‘World Cultural Diversity in Nusantara,’ untuk menyambut kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan juga kesiapan Balikpapan sebagai kota penyangga IKN,” ujarnya, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut, Ratih menjelaskan, Balikpapan Fest 2023 akan menyuguhkan beragam kekayaan budaya negeri Indonesia melalui pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya yang mengesankan. “Pada hari pertama atau Opening Event akan ada penampilan budaya berupa solo dance, Color Guard Mathilda, dan Tari Kolosal Nusantara medley Mancanegara oleh Lely Monsterga,” jelasnya.

BACA JUGA :  Polisi Bekuk Kawanan Pencuri Tiang Telkom di Balikpapan

Fashion Festival akan menjadi sajian unggulan pada hari kedua Balikpapan Fest 2023 dengan menampilkan peragaan fashion batik, kostum tradisional, dan kostum mancanegara karya 11 desainer dengan 55 karya busana masing-masing.

“Adapun 11 desainer yang terlibat yaitu Ellis Gown, Sherlita Wahjono, Harum, Lita One, Jesthink, Javabor, Primas G Prihanta x Azalea, Dekranasda by Griya Godong, Dekranasda by Iwatik, Dekranasda by Kelubut, dan Harukareh by SMKN 4 Balikpapan,” tambah Ratih.

Selanjutnya, puncak acara Balikpapan Fest 2023 diramaikan dengan Extraordinary Night yang akan diisi oleh talent lokal Band Teras Kaca dan DJ Aditrea, serta Tari Kreasi Nusantara Modern oleh Lely Monsterga. Penampilan spesial dari bintang tamu Ziva Magnolya (juara Indonesian Idol season 10) akan menjadi line up utama menjelang penutupan Balikpapan Fest 2023.

“Tidak hanya itu, selama penyelenggaraan Balikpapan Fest 2023, para pengunjung juga dapat menikmati Festival Kuliner dari sekitar 70 tenant yang menyajikan hidangan khas dan menggugah selera,” ujar Ratih lagi.

Dengan semangat untuk memperkuat dan merayakan keanekaragaman budaya, Balikpapan Fest 2023 juga mengajak semua pihak untuk turut serta membangun momentum positif dengan mengangkat dan mempromosikan warisan budaya yang ada di Kalimantan khususnya kota Balikpapan. (Bom)

BACA JUGA :  Patroli Gereja, Brimob Polda Kaltim Berikan Rasa Aman bagi Umat Kristiani saat Beribadah

Penulis: Aprianto
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.