spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelatihan Dasar Manajemen Bencana BPSDM Kaltim Diikuti 60 Peserta

SAMARINDA – Demi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dalam penanggulangan bencana, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar  Pelatihan Dasar Manajemen Bencana pada Senin (9/10/2023),  di Aula Utama Kantor BPSDM Kaltim.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Kaltim, Apriyana Rachmawati  mengatakan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana diikuti oleh 2 angkatan berjumlah 60 peserta selama 4 hari  secara klasikal (tatap muka).

“Jumlah peserta 60 orang terdiri dari 30 orang di Angkatan 1, dan 30 orang di Angkatan 2 yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang terkait dengan penanggulangan Bencana di Provinsi Kaltim,” ujarnya.

Melalui pelatihan ini dapat meningkatkan Kapasitas SDM dalam membangun kesiapsiagaan menghadapi bencana seperti yang tertuang dalam PP No. 21 tahun 2008 tentang  Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Disebutkan,  kegiatan pendidikan dan pelatihan merupakan sebagai salah satu bentuk penyelenggaraan penanggulangan bencana pada situasi terjadi bencana.

“Selama mengikuti pelatihan, peserta juga diwajibkan untuk menyampaikan evaluasi terhadap materi, pelaksanaan dan fasilitator,”  pintanya

BACA JUGA :  Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Kepala BPSDM Kaltim Masuk 10 Besar dengan Nilai Sangat Memuaskan

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Kepala BPSDM Kaltim, Nina Dewi, mengatakan pentingnya manajemen bencana tidak dapat diabaikan.

“Di seluruh dunia, kita sering kali dihadapkan pada berbagai jenis bencana alam seperti gempa bumi, banjir, kebakaran hutan, dan banyak lagi. Selain itu, ada juga bencana buatan manusia seperti kecelakaan industri,” ujar Nina.

Oleh sebab itu menurut Nina, mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam manajemen bencana adalah langkah yang bijak untuk melindungi diri kita sendiri, keluarga, dan masyarakat. “Dengan ini Pelatihan Dasar Manajemen Bencana secara resmi saya buka,” ujar Nina.

Diketahui, narasumber Pelatihan Dasar Manajemen Bencana kali ini, berasal dari Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim, dan  Widyaiswara BPSDM Kaltim.

Selain peserta acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Kepala BKD Kaltim, Deni Sutrisno, Kepala BPBD, Agus Tianur, Rektor Institut Teknologi Kalimantan, Agus Rubiyanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten PPU, Riviana Noor, Pejabat Administrator, Widyaiswara, Pejabat Pengawas dan Analis Bangkom di Lingkungan  BPSDM Kaltim (ADV)

BACA JUGA :  Pelatihan Pengawas Ketenagakerjaan, Upaya Menciptakan Hubungan Industrial yang Harmonis dan Dinamis

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti