spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BMKG Balikpapan Imbau Warga Waspada Angin Kencang di Tengah Musim Kemarau

BALIKPAPAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan memprediksi bahwa musim kemarau dan cuaca panas ekstrem kemungkinan akan berlanjut hingga beberapa minggu ke depan. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi angin kencang.

Prakirawan BMKG Kota Balikpapan, Dyan Novrida, menjelaskan bahwa fenomena Sirlain atau belokan angin telah menyebabkan terjadinya hembusan angin yang sangat kencang. Kecepatan angin saat ini di atas rata-rata normal.

“Terjadi pola Sirlain atau belokan tekanan angin. Kecepatan angin mencapai 5 hingga 10 knot dalam beberapa hari terakhir,” ujarnya pada Jumat (29/9/2023).

Dyan menjelaskan lebih lanjut bahwa selain menyebabkan angin kencang, fenomena ini juga dapat mengubah cuaca dengan cepat. Cuaca yang awalnya panas dan cerah dapat berubah menjadi mendung bahkan hujan lokal.

“Karena wilayah kita berada di dekat kawasan ekuator, peluang hujan lokal masih mungkin terjadi akibat pola angin tersebut,” tambahnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di pesisir untuk tetap waspada terhadap angin kencang. Selain itu, para nelayan yang menggunakan kapal kecil juga diingatkan untuk memperhatikan tinggi gelombang laut.

BACA JUGA :  Nataru, Lapas Balikpapan Tingkatkan Pengamanan dan Pemeriksaan

“Pada malam hari, angin di pesisir biasanya semakin kencang. Gelombang laut juga dapat mencapai ketinggian yang cukup signifikan,” tambah Dyan. (Bom)

Penulis: Aprianto
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.