spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Soal Gagasan Ganjar, Politisi PDIP Kaltim Berikan Tanggapan

SAMARINDA – Anggota DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama, memberikan tanggapannya terkait gagasan Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo di Universitas Gajah Mada (UGM) belum lama ini.

Kala itu, Ganjar membahas terkait penyerapan tenaga kerja yang rendah dari lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi. Ganjar menyebut penyelenggara pendidikan butuh kerjasama dengan perusahaan atau industri agar dapat menyerap para lulusan. Dan ia menilai butuh kurikulum yang dinamis menyesuaikan dengan tren industri.

Menurut Romadhony apa yang disampaikan Ganjar adalah fakta saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, dengan konsep Boarding School. Ada beberapa sekolah yang menjadi pilot project dengan bekerjasama dengan industri. Dengan apa yang menjadi gagasan Ganjar tersebut, ia meyakini dapat menekan angka pengangguran di Indonesia.

“Beliau ingin lebih mengarahkan pasca selesai pendidikan anak muda tidak lagi susah mencari pekerjaan karena setiap sekolah/perguruan tinggi diwajibkan berkerja sama dengan perusahan/industri/startup sehingga daya serapnya akan lebih terjamin, dan menekan angkat pengangguran,” jelasnya (24/9/2023).

Romadhony yang juga merupakan Politisi PDI Perjuangan ini pun yakin,  gagasan Ganjar tersebut dapat diaplikasikan di Provinsi lain termasuk Kaltim.

BACA JUGA :  Lapas Narkotika Samarinda Gandeng 22 Instansi, Buka Rehabilitasi Sosial bagi Warga Binaan

“Ganjar ingin minimal di setiap daerah ada 1 SMK atau perguruan tinggi yang menggunakan sistem tersebut. Memang butuh waktu untuk penerapannya tetapi saya yakin ini program yang bagus untuk menyelesaikan persoalan susahnya mencari lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

Pewarta : Andi Desky
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img