spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pentingnya Tata Usaha Keuangan dalam Pengelolaan BLUD


SAMARINDA – Penatausahaan keuangan dalam Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah salah satu aspek yang sangat penting. Utamanya,   dalam proses penilaian pengelolaan, pencataan, pelaporan dan pengendalian keuangan yang melibatkan dana publik.

Hal ini dikatakan oleh  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov Kalimantan Timur (Kaltim), Nina Dewi saat membuka acara  Pelatihan Bendaharawan Pengeluaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) angkatan 1 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada Senin (18/9/2023) lalu di Gedung Serbaguna BPSDM Jalan HM Rifadin Samarinda Seberang.

“Penata usahaan keuangan yang BLUD merupakan landasan yang sangat penting untuk menjaga integritas keuangan dan operational BLUD serta untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Ini juga membantu dalam menjaga  kepercayaan masyarakat  terhadap penggunaan dana publik,” kata Nina Dewi.

Pelatihan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan program belajar bagi  tenaga pengelolaan keuangan,  khususnya yang menduduki jabatan bendahara.

Pengeluaran pada lembaga Blud  agar memiliki pengetahuan keterampilan dan sikap yang baik dalam melaksakan, menata usahakan dan mempertanggung jawabkan pengeluaran APBD atau anggaran  satuan kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA :  BPSDM Kaltim Booth Terbaik Jambore Inovasi Kalimantan 2023, Jadi Inspirasi untuk Pelayanan Publik Terbaik

Di akhir tanggapannya, Nina berharap peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya  dan juga mengikuti pelatihsn lain yang akan dilaksakan BPSDM  Provinsi Kaltim.

“Saya berharap para peserta tidak hanya sampai disini untuk mengembangkan diri, tapi terus proaktif mengikuti pelatihan BPSDM lainnya,” tutupnya.

Diketahui dalam pelatihan ini, disampaikan materi-materi yang komprehensif dan relevan  dengan tantangan yang dihadapi oleh bendaharawan BLUD saat ini, dengan menggali berbagai aspek yang berkaitan dengan manajemen keuangan publik peraturan terkait dan praktik terbaik yang dapat membantu peserta dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan efektif. (adv)

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti