spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPKD Sebarkan 43 Unit Buncu Baca Etam ke Seluruh Kabupaten/ Kota di Kaltim

SAMARINDA – Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Pemerintah  Provinsi  Kalimantan Timur (Kaltim)  akan kembali mendistribusikan   anjungan  baca atau Buncu Baca Etam. Kali ini, distribusi tersebut ditujukan kepada 3 Kabupaten/kota yang terletak di selatan Kaltim, Distribusi ke  Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser yang mana diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kaltim Isran Noor pada  Jumat (22/9/2023).

Kepala Bidang Layanan, Otomasi, dan Kerjasama, DPKD Kaltim E. Mustika Wati menerangkan, bahwa pendistribusian ini merupakan yang terakhir  kalinya dilakukan pada tahun 2023.

“Ini mungkin yang terakhir kita distribusikan ya, dalam pemerintahan Gubernur Kaltim kita ya. Karena Oktober beliau akan digantikan sementara, nah tanggal 22 September ini insyaAllah beliau akan melakukan serah terima di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Paser,” ujarnya.

Mustika, mengatakan jumlah Buncu Baca Etam yang akan didistribusikan ke wilayah selatan Kaltim tersebut berjumlah  10 Unit , disebarkan ke  Kota Balikpapan  berjumlah 4 unit,  Kabupaten PPU 3 unit dan Kabupaten Paser 3 unit,m. Kemudian akan diletakkan di beberapa titik di mana biasanya banyak orang berkumpul, seperti rumah sakit dan kantor-kantor pemerintah.

BACA JUGA :  Minat Baca Tetap Terjaga di Era Teknologi Berkat Perpustakaan Keliling

“Pastinya akan disebar kebeberapa titik” ungkapnya.

Dari 43 Buncu Baca Etam, 33 unit sudah disalurkan, kemudian pada  tanggal 22 September ini rencananya 10 Unit sisanya akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kaltim di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

“10 unitnha sudah di sana, jadi tinggal serah terima secara simbolis saja lagi tanggal 22 September ini,” ujar Pustakawan Ahli Muda Patimah Irni SPd MSi.

Irni menjelaskan untuk titik operasional unit Buncu baca Etam  telah ditentukan oleh kabupaten/kota yang menerima.

“Untuk Balikpapan itu di 4 titik, Perpus Umum Balikpapan, Rumah Sakit Bersalin, Bandara Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, dan Taman Kota Balikpapan, sedangkan untuk di Kabupaten PPU dan Paser 3 unit masing-masing meraka akan letakkan di Perpus Umum Kabupaten, Rumah Sakit dan Kantor Bupati,” ungkapnya.

Diketahui  seperti di Samarinda, mesin Buncu Baca Etam juga disebar oleh DPKD di beberapa titik di antaranya, di Perpus Kaltim sendiri, di Kantor Walikota Samarinda, di Kantor Bank Kaltimtara, rumah sakit Aw Syahrani dan Bandara APT Pranoto, masing-masing 1 unit.

BACA JUGA :  Pustawakan: Buku yang Rusak, Artinya Berhasil Mentransfer Ilmu kepada Pembaca

Adapun koleksi buku digital yang dimiliki Buncu Baca Etam, yang bisa didownload sebanyak 600 koleksi buku yang terdiri dari berbagai macam judul buku.

pengguna Buncu Baca Etam dapat menggunakan fasilitas ini secara gratis, melalui cara scan QR Code yang tersedia pada mesin Buncu Baca Etam.

Pengguna juga dapat bebas memilih buku seperti buku cerita anak, pengetahuan umum, kesehatan dan koleksi buku lainnya. (adv)

Pewarta: Hanafi
Editor:  Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.