Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Update Covid-19 Kaltim per 20 November 2021: Mahulu Kembali Zona Hijau

SAMARINDA– Mahakam Ulu (Mahulu) kembali masuk zona aman dari penularan Covid-19 satu-satunya di Kaltim. Predikat zona hijau di kabupaten termuda di Kaltim ini, didapat setelah 6 hari sebelumnya masuk zona kuning, atau ditemukan kasus positif 1-25 per hari.

Mengutip keterangan resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, selain hingga Sabtu (20/11/2021) sore nihil kasus positif baru, Mahulu juga mencatatkan satu pasien sembuh. Ini berarti Mahulu mengulang capaian tanpa kasus Covid-19 pada 13 dan 14 November 2021.

Walau Mahulu dinyatakan zona hijau, secara umum tren penularan kasus Corona di Kaltim masih fluktuatif. Terbukti, jika sehari sebelumya (Jumat) kasus yang dilaporkan berjumlah 6 kasus, maka untuk Sabtu ini, jumlahnya naik menjadi 8 kasus dengan 6 pasien sembuh.

Padahal pada Kamis kasus positif yang terjadi berjumlah 5, Rabu  sebanyak 7 kasus, Selasa 10 kasus, Senin sebanyak 11 kasus, dan Minggu (14/11/2021) sebanyak 21 kasus. Sementara kasus harian positif terbanyak bulan ini terjadi pada 2 November sejumlah 24 kasus.

Untuk Sabtu (20/11/2021) daerah penyumbang kasus terbanyak adalah Balikpapan dengan 3 kasus positif dengan 1 pasien sembuh. Kemudian Kutai Barat kasus positif dan sembuh masing-masing 2 orang, sementara Berau 2 kasus terkonfirmasi tanpa kasus sembuh.

Daerah terakhir yang dilaporkan bertambah kasus Covid-19-nya adalah Kutai Timur sebanyak 1 kasus,  dengan satu pasien sembuh. Selain Mahulu, adapun daerah nihil kasus baru atau sembuh adalah Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Bontang, dan Samarinda.

Selain terus menggencarkan program vaksinasi massal, Dinas Kesehatan Kaltim tak henti meminta warga untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes). “Jangan kendor untuk sehat dan terhindar dari Covid-19, yaitu menerapkan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dam mengurangi mobilitas). Ditambah 3T (testing, tracing, dan treatment),” tulisnya. (prs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rizal: Tidak Setuju IKN Wajar, Tapi Jangan Hina Warga Kalimantan

0
BALIKPAPAN - Mantan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi termasuk tokoh yang terpantik emosinya akibat ulah Edy Mulyadi. Lewat akun Instagram resminya, tokoh berlatar belakang wartawan...

Inilah Sosok Edy Mulyadi yang Kembali Bikin Gaduh Atas Video Dugaan Penghinaan Kalimantan

0
Edy Mulyadi kembali membuat gaduh dengan video dugaan penghinaan terhadap Kalimantan yang menjadi viral di Twitter. Belum lama ini Edy, juga membuat gaduh, dengan...