spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Unik! Iuran BPJS Ketenagakerjaan Bisa Ditukar dengan Tabungan Sampah di Bank Sampah Pesisir

BONTANG – BPJS Ketenagakerjaan mengadakan sosialisasi kepada warga Kelurahan Tanjung Laut Indah khususnya di daerah pesisir terkait program bersama Bank Sampah Pesisir, Rabu (25/5/2022) di Halaman Kantor Kelurahan Tanjung Laut Indah.

Program tersebut yaitu, BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan bagi para warga dalam membayar iuran bulanan sebesar Rp 16.800 dengan hanya menukarkan dengan tabungan sampah yang disetor ke Bank Sampah Pesisir.

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Bontang Ramdani mengungkapkan program ini telah berjalan sejak 2020, dan dari program ini banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat.

“Selain membuat lingkungan menjadi bersih, masyarakat juga mampu dalam hal memilah sampah, program kami ini dalam rangka memudahkan masyarakat, agar tidak keberatan pada saat iuran bulanan,” ungkapnya kepada mediakaltim.com.

Terlebih, perlindungan BPJS Ketenagakerjaan ini sangat berguna bagi warga khususnya ibu-ibu yang mayoritas bekerja sebagai pengupas bawang. Tak jarang kecelakaan kerja bisa saja terjadi dimana pun dan kapan pun.

“Seperti di kelurahan ini, rata-rata ibu-ibu di sini pekerjaannya pengupas bawang, itu nanti sangat bisa membantu ketika mengalami kecelakaan kerja seperti jari tangan yang ikut teriris misalnya, ” jelasnya.

Lebih lanjut, sistem penukaran tabungan sampah agar bisa mendapatkan jaminan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, akan dilihat dari jenis sampah dan berapa banyak sampah yang bisa terkumpul.

“Dari sampah yang ditabung ke Bank Sampah Pesisir, nanti mereka yang akan konversi dalam bentuk uang, jadi nanti dari Bank Sampah tinggal melapor ke kami dan iuran BPJS Ketenagakerjaan warga akan terbayar,” tandasnya. (adv/ahr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Detik-detik Pensiunan Karyawan PKT Meninggal saat Salat Subuh Berjamaah di Masjid Fathul Khoir Bontang

0
BONTANG – H Nonot Sulistiyo Budi S, pensiunan karyawan PT Pupuk Kaltim (PKT) meninggal dunia saat melaksanakan Salat Subuh berjamaah di Masjid Fathul Khoir...

Ini Alasan Wanita di Makassar yang Simpan 7 Jasad Janin Hasil Aborsi

0
MAKASSAR - Sejumlah fakta terkuak pasca polisi melakukan penangkapan terhadap seorang wanita berinisial NM di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). NM ditangkap atas kasus aborsi...