spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Sektor Perikanan, Pemkab Kukar Salurkan Rp 104,5 Miliar untuk Nelayan

TENGGARONG– Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), mengalokasikan ratusan miliar rupiah untuk pengembangan sektor perikanan. Anggaran yang dialokasikan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar pada tahun 2022, untuk bantuan pengadaan, pembudidayaan, sarana dan prasarana (sapras), serta dokumentasi, dan pelatihan.

Hingga akhir tahun 2022, sekitar Rp 104,5 miliar sudah dan akan  diserahkan ke para nelayan, dalam bentuk Program 25 ribu Nelayan Produktif di Kukar.

Bantuan yang didistribusikan berupa kapal lengkap dengan mesinnya, jaring nelayan, keramba ikan, pakan ikan, benih ikan, kolam ikan terpal, termasuk pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), hingga melatih ratusan nelayan dan pembudidaya ikan.

“Implementasi program dedikasi Kukar Idaman bagi nelayan, Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) pada tahun 2022,” ujar Wabup Kukar, Rendi Solihin, selepas dialog bersama nelayan di Kecamatan Muara Jawa, Ahad (13/11/2022).

Total sebanyak 8.285 nelayan, yang disasar DKP Kukar selama tahun 2022. Di mana menyasar nelayan, pembudidaya ikan, pengolah hasil perikanan, masyarakat pengawas, dan nelayan miskin.

“Bentuk Pemkab Kukar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi menggerakan potensi pembangunan ekonomi rakyat secara berkelanjutan,” tutup Rendi. (adv/afi)

15.9k Pengikut
Mengikuti