spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan Komitmen Pelestarian Budaya, Pupuk Kaltim Dukung Pesta Laut Bontang Kuala 2022

BONTANG – Rangkaian Tari Jepen, Baris Berantai dan Tari Daling dari suku Bajau, mengawali Pesta Laut Bontang Kuala 2022 yang di dukung penuh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), sebagai upaya melestarikan budaya asli masyarakat Kutai di Kota Bontang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Bontang Najirah bersama Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin, Manajemen PKT dan Forkopimda Bontang, di panggung adat Bontang Kuala, Rabu (16/11/2022).

Pembukaan Pesta Laut Bontang Kuala ini rangkaian kunjungan Sultan Adji Muhammad Arifin ke Kota Bontang, yang sebelumnya turut membuka perhelatan Erau Pelas Benua di Kelurahan Guntung, Selasa (15/11/2022). Dalam hal ini, Pupuk Kaltim juga menmberikan dukungan untuk mensukseskan agenda tahunan masyarakat adat Kutai di kawasan terdekat perusahaan tersebut.

VP Komunikasi Korporat Pupuk Kaltim Tommy Johan Agusta, mengungkapkan pelestarian adat dan budaya daerah bagian dari komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat, dengan terus meningkatkan kontribusi dan dukungan pada berbagai kegiatan bertema kebudayaan di Kota Bontang. Hal ini juga bentuk peran serta Pupuk Kaltim mendorong potensi budaya sebagai salah satu daya tarik pariwisata, disamping warisan bagi generasi penerus yang wajib dipertahankan dan dilestarikan.

‚ÄúPelestarian adat dan budaya menjadi salah satu komitmen Pupuk Kaltim, agar terus dipertahankan sebagai identitas dan kebanggaan bagi generasi mendatang, khususnya di Bontang Kuala,” kata Tommy.

Dukungan pesta laut Bontang Kuala menjadi komitmen Pupuk Kaltim setiap tahun, sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat yang selama ini terbina melalui sinergi dan kerjasama yang baik. Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana pengembangan potensi Bontang Kuala sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Bontang, dengan akar budaya yang terus terjaga.

“Pesta Laut Bontang Kuala ini satu rangkaian dengan Erau Pelas Benua Guntung, yang juga didukung Pupuk Kaltim. Melalui kegiatan bertema budaya seperti ini, kebersamaan dan harmoni antara perusahaan dengan masyarakat diharap akan semakin kuat kedepannya,” tambah Tommy.

Mewakili kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Awang Agus Dharmawan, berharap pesta laut Bontang Kuala dapat terus terselenggara setiap tahun dalam mempertahankan adat budaya Kutai di Kota Bontang.

Menurut Awang, dengan dukungan penuh masyarakat bersama Pemerintah dan stakeholder terkait lainnya, rangkaian kegiatan yang diisi berbagai upacara adat dan lomba olahraga pesisir ini diyakini akan terus menjadi bagian dari daya tarik dan ciri khas Bontang Kuala.

“Atas nama Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, kami harap kegiatan ini bisa terus terlaksana di Bontang Kuala, sebagai upaya mempertahankan tradisi dan adat budaya Kutai di Kota Bontang,” ujar Awang.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih atas kontribusi Pupuk Kaltim bersama Pemkot Bontang yang telah mendukung dan memfasilitasi Pesta Laut Bontang Kuala, sehingga bisa terus terselenggara dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik di dalamnya. “Kami ucapkan terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim yang senantiasa berkomitmen melestarikan adat dan budaya, sehingga kegiatan ini bisa sukses terlaksana,” tandas Awang

Wakil Wali Kota Bontang Najirah, mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata Bontang, melalui pengembangan nilai budaya lokal yang diharap terlaksana secara berkesinambungan. Kegiatan ini juga dapat dijadikan wahana informasi dan sarana promosi seni budaya tradisional Bontang, yang kedepannya memiliki potensi untuk dikembangkan secara maksimal.

“Hal ini pun sejalan dengan program Pemkot Bontang untuk pengembangan potensi wisata melalui pendekatan budaya, yang tak hanya bermanfaat terhadap pelestarian adat tapi juga kesejahteraan masyarakat,” tutur Najirah.

Dirinya turut mengapresiasi dukungan Pupuk Kaltim yang rutin disalurkan setiap tahun pada pesta laut Bontang Kuala, dan diharap dapat terus meningkatkan peran bagi masyarakat Bontang secara umum. Hal ini melihat komitmen dan dukungan Pupuk Kaltim yang konsisten berkontribusi di berbagai bidang.

“Kami menilai Pupuk Kaltim selalu terdepan dalam memberikan dukungan bagi Pemerintah dan masyarakat, melihat besarnya peran dan kontribusi yang disalurkan perusahaan. Semoga kedepan dapat terus ditingkatkan, sehingga manfaat Pupuk Kaltim makin dirasakan masyarakat Bontang,” pungkas Najirah.(adv)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti