spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Temani Jokowi, Hamdam Harap Persemaian Mentawir Sokong Perbaikan Hutan PPU

PENAJAM – Plt Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam Pongrewa mengharapkan Persemaian Mentawir bisa terus berkembang, hingga mampu memenuhi kebutuhan daerah di Kaltim untuk memperbaiki kondisi hutannya.

Orang nomor satu di Benuo Taka itu turut mendampingi langsung kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam meninjau sejumlah lokasi pembangunan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Rabu, (22/6/2022). Persemaian Mentawir yang berada di Kelurahan Mentawir merupakan lokasi pertama yang dikunjungi.

Di sana, Presiden Jokowi berharap perluasan kawasan persemaian dapat dipercepat pembangunannya, hingga dapat segera digunakan untuk memperbaharui kembali kerusakan hutan yang terjadi saat ini di dalam kawasan IKN.

“Kita di PPU juga berharap penyemaian ini bisa berkelanjutan. Karena tentunya daerah pasti juga memerlukan itu untuk memperbaharui hutan-hutan kita yang memang kritis dan butuh pembaharuan,” ucap Hamdam.

Di areal persemaian, sejauh ini tersedia 700 ribu bibit. Nantinya,
persemaian diharapkan mampu berproduksi hingga 15 juta bibit pohon.

“Konsepnya IKN inikan nantinya adalah 30 persen adalah kota, sementara 70 persen kawasan hutan. Sehingga Bapak Presiden (Jokowi) mengharapkan perluasan cakupan penyemaian ini sudah bisa dimulai dari sekarang,” sambung Hamdam.

Kunjungan pimpinan negara itu berlanjut ke lokasi Pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi yang berada di Desa Semoi II Kecamatan Sepaku. Di sana ia meninjau progres terkini infrastruktur yang nantinya akan memenuhi kebutuhan air baku di pusat negara yang baru dan sekitarnya. Diketahui progres pembangunan kini telah mencapai 60 persen.

“Pembangunan berjalan dengan baik. Beliau hanya ingin memastikan saja bahwa bendungan yang rencananya untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di IKN,” sebut Hamdam.

Setelah itu, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan ke Titik Nol IKN hingga pukul 17.00 Wita langsung bertolak ke Samarinda, rombongan menggunakan tiga helikopter. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Detik-detik Pensiunan Karyawan PKT Meninggal saat Salat Subuh Berjamaah di Masjid Fathul Khoir Bontang

0
BONTANG – H Nonot Sulistiyo Budi S, pensiunan karyawan PT Pupuk Kaltim (PKT) meninggal dunia saat melaksanakan Salat Subuh berjamaah di Masjid Fathul Khoir...

Ini Alasan Wanita di Makassar yang Simpan 7 Jasad Janin Hasil Aborsi

0
MAKASSAR - Sejumlah fakta terkuak pasca polisi melakukan penangkapan terhadap seorang wanita berinisial NM di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). NM ditangkap atas kasus aborsi...