Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tambahan Dua Emas dari Cabor Kempo, Kaltim Dulang 64 Medali

JAYAPURA – Kontingen Provinsi Kalimantan Timur menambah perolehan dua medali emas PON XX Papua dari cabang olahraga kempo yang dipertandingkan di GOR STT DIGI, Kabupaten Sentani, Minggu (11/10).

Medali emas tercipta melalui nomor beregu putri dan Embu berpasangan I DAN putri. Di nomor ini,  Kaltim menutunkan Ekayanti Murtafiah, Marlina Sari, Eka Nurul Huda dan Faimah Zohra

Medali perak oleh Vina Yustina, Anastasia Amades, Gina Utari dan Nandika Larasati (Jabar) dan perunggu oleh Alya Salsabila, Lutfiyah Adnan Putri, Larasati Sandra Dewi dan Renasti Pratiwi ( DKI).

Sedangkan medali emas pada nomor Embu berpasangan I DAN putri diraih atlet Kaltim atas nama Nur Indah Ekayanti dan Yulia Sari.

Medali perak oleh Fitri Chintya Debi dan Ingki D Pinis ( NTT) dan perunggu oleh Riska Meidita dan Agung Ayu Istri Dharmamega Kelaka dari Bali.

Tambahan dua emas itu menambah koleksi perbendaraan emas Kempo Kaltim menjadi tiga. Satu medali emas sebelumnya diraih oleh Muhammad Carsar Ramadhan dan Roro Ajeng Kurti Darmawestri pada nomor embu berpasangan campuran kyu khensi Sabtu (9/10).

“Kami sangat bersyukur karena target medali emas terlampaui, semula kami hanya menargetkan satu namun justru di luar dugaan bisa mendapatkan tiga emas,” kata Ketua Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Provinsi Kaltim Iskandar usai pertandingan.

Dia berharap sukses tiga emas ini bisa memotivasi atlet yang belum bertanding untuk tampil lebih semangat dalam merebut gelar juara.

“Kami turun di sembilan nomor dan 17 nomor yang dipertandingkan pada PON XX Papua. Masih ada beberapa nomor yang belum dipertandingkan dan kami berharap mereka lebih samangat untuk menambah koleksi medali,” kata Iskandar.

Melansir situs resmi PON XX Papua 2021 hingga Minggu (10/10/2021) pukul 17.00 WIB, adanya tambahan medali dari cabor Kempo, belum berubah posisi Kaltim di peringkat 8 dengan mendulang 64 medali, terdiri dari 11 emas, 24 perak, 29 perunggu.

Jawa Barat masih nyaman di puncak klasemen medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Jawa Barat menduduki urutan kahiji (pertama dalam bahasa Sunda), teratas dengan perolehan 220 medali. Sebanyak 220 medali itu terdiri dari 82 emas, 66 perak, dan 72 perunggu.

Jawa Timur kemudian menyusul di peringkat kedua dengan koleksi 70 emas, 61 perak, dan 55 perunggu. Dalam hal jumlah perolehan medali, Jawa Timur yang mengoleksi total 186 medali sejatinya masih kalah dari DKI Jakarta. Namun, Jawa Timur berhak menempati posisi kedua karena unggul satu medali emas.

Adapun DKI Jakarta menyusul di peringkat ketiga dengan total raihan 195 medali yang terdiri dari 69 emas, 57 perak, dan 71 perunggu. Sementara itu, posisi Papua dan Jawa Tengah di lima besar tak berubah. Tuan rumah Papua masih menempati urutan keempat disusul Jawa Tengah di posisi kelima.

Papua sejauh ini mengumpulkan 61 emas, 32 perak, dan 61 perunggu dengan total perolehan 154 medali. Di bawahnya, Jawa Tengah mengoleksi 86 medali dengan rincian 18 emas, 32 perak, dan 36 perunggu.

Para kontingen masih berpeluang menambah pundi-pundi medali mengingat rangkaian laga PON Papua 2021 akan berlangsung sampai 15 Oktober 2021. (red)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hebat, Bontang Dinobatkan Kota Bersih di Asia Tenggara

0
JAKARTA – Kota Bontang, salah satu dari tiga kota di Indonesia dinobatkan sebagai Kota Ramah Lingkungan/Bersih di Asia Tenggara. Penghargaan itu diberikan The Association...

Pemuda Curi Celana Dalam Perempuan, Warga Jelawat Resah

0
SAMARINDA – Kaum hawa di Samarinda resah. Aksi pencurian celana dalam perempuan yang sedang dijemur terjadi di Jalan Jelawat, Samarinda Ilir, Rabu (21/10/2021). Aksi...