spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun 2023, Sejumlah Infrastruktur Jadi Prioritas Dinas PU Kukar

TENGGARONG– Dinas Pekerjaan Umum Kutai Kartanegara (Dinas PU Kukar) tetap memfokuskan pengerjaan peningkatan dan perbaikan infrastruktur penghubung antar-kecamatan yang tersebar di daerah hulu, tengah, dan pesisir.

Menurut Kabid Bina Marga Dinas PU Kukar Restu Irawan, proyek yang paling diprioritaskan penyelesaiannya adalah jalan poros penghubung Desa Sebelimbingan, Kecamatan Kota Bangun ke Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan.

Proyek ini segera dituntaskan pengerjaannya karena jadi akses penting menuju kecamatan terjauh, Kecamatan Tabang. Selain itu, juga ada jalan poros penghubung Kecamatan Muara Badak dan Kecamatan Anggana.

Proyek lain, lanjut Restu, pelebaran Jalan KH Dewantara dan Jalan Ahmad Yani di Tenggarong. Dengan begitu,  nantinya ada dua jalan utama di Tenggarong, selain jalur utama di kawasan Kelurahan Timbau, sepanjang tepian Mahakam.

“Jadi kita manfaatkan drainase yang sudah ada, nanti kita tutup dengan jalan aspal,” kata Restu, Selasa (4/10/2022).

Proyek lain, penanganan daerah rawan longsor di Kecamatan Tabang. Proyek ini diharapkan tidak mengganggu mobilitas barang dan jasa, yang bisa berakibat pada kenaikan harga barang.

Ditambah, peningkatan performa jalan di Kecamatan Kembang Janggut menjadi jalan aspal.Untuk daerah Kecamatan Loa Kulu, Desa Jembayan yang akan jadi lokus perbaikan akses jalannya. Selanjutnya akses jembatan di Desa Jonggon  menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kalau wilayah pesisir kita akan perbaiki Jembatan Sambera (Muara Badak), itu akan dipermanenkan. Kemudian Kecamatan Marangkayu, akan dilakukan pengaspalan lagi. Karena sekarang disana hancur disebabkan beban kendaraan yang berlebihan,” tutup Restu. (adv/afi)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti