spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Setelah ULT Unmul Diresmikan, Siap Genjot untuk Pelayanan Prima

SAMARINDA – Unit Layanan Terpadu (ULT) Universitas Mulawarman (Unmul) kini resmi sudah keberadaannya. Diresmikan oleh Rektor Prof Masjaya digelar Rabu (19/10). Hadir Wakil Rektor I dan III serta beberapa kepala perguruan tinggi dan perbankan.

Kelahiran ULT Unmul sebenarnya sejak di-launching Juni 2020 lalu, diperkuat dengan SK Rektor Unmul. Dan setelah diresmikan ini, tentu saja harapannya ULT Unmul juga dapat masuk dalam Organisasi Tata Kelola (OTK) di Universitas Mulawarman. Mengingat sejak kelahirannya 2020 lalu, ULT Unmul telah beroperasi dan menjadi pintu gerbang Unmul dengan memberikan pelayanan secara offline dan online, namun belum masuk terdaftar dalam OTK.

“Dengan diresmikannya ini, ULT Unmul akan semakin semangat sesuai dengan motto kami dalam memberikan pelayanan. Dan harapan kami segera secara resmi juga dapat masuk dalam Organisasi Tata Kelola di Unmul,” tutur Koordinator ULT, Enny Fathurachmi

Saat ini ULT melayani 40 layanan yang terdiri dari layanan akademik, kemahasiswaan, keuangan, kepegawaian, kerjasama, humas, perencanaan, umum dan call center. Kunjungan yang masuk secara online ke ULT Unmul rata-rata satu bulan sebanyak 400 layanan, dan offline rata-rata sebanyak 75 layanan.

ULT dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti akses bagi kaum disabilitas, ruang laktasi, pojok internet, pojok baca, kantin kejujuran, musholla dan ruang tunggu yang nyaman.

Saat ini ULT Unmul juga melakukan inovasi digital dengan menggandeng Telkomsel untuk penyedia layanan OMNI Channel yakni sistem informasi yang terintegrasi dengan media social dengan program yang diberi nama Intermeso.

Untuk evaluasi layanan, setiap semester dilakukan perhitungan index kepuasan masyarakat melalui angket yang disebar secara online maupun offline, dimana pada periode Januari hingga Juni 2022 survey kepuasan tersebut menunjukan angka 90,33 yang berarti sangat baik. Tentu saja ini tak terlepas dari kerja tim ULT yang dimentori oleh Akhmad Maulana yang tak lain adalah pemrakarsa berdirinya Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Samarinda.

Kemudian kerja tim yang kompak antara Koordinator ULT, Enny Fathurachmi dan Koordinator Bidang Administrasi Keuangan Rusliani serta tim bidang lainnya.
Rektor Unmul, Prof Masjaya usai meresmikan menyebut, sejak kelahirannya hingga saat ini terus peningkatan baik itu pelayanan maupun fasilitas, Ia mengaku tidak heran dengan tingkat kepuasan pengunjung mencapai angka yang fantastis, diatas 90 persen.

“Dari sekian yang sudah pernah berkunjung ke ULT, selalu merasakan kepuasan dalam pelayanannya dan mereka memberikan penilaian terbaik. Yang pasti ULT dari laporan yang pernah berkunjung kesini justru memberikan penilaian terbaik kepada ULT. Sebelum ada ULT, kalau ada urusan, harus panjang birokrasinya, sekarang kita satukan disini, bahkan ada pelayanan yang hanya 1 jam saja bisa selesai,” jelas Masjaya.

Masjaya berkomitmen Unmul akan mendukung ini, karena syarat utama untuk layanan adalah memudahkan. Dengan komitmen yang dibuat ULT, semua kemudahan layanan akan bisa dinikmati oleh seluruh pengguna layanan.

“Kita tidak harus puas sampai disini saja, biarkan pengguna ULT yang memberikan penilaian, lakukan semua persyaratan seperti yang sudah ada dikomitmen. Ibu Deputy pernah berkunjung dan mengatakan bahwa ULT Unmul sudah memenuhi standar yang diisyaratkan oleh KemenPANRB,” tuturnya. (rls/lin)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti