spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sekda Mahulu Harap Peserta Latsar CPNS 2022 Implementasikan Nilai berAKHLAK

UJOH BILANG– Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh berharap 40 peserta Latihan Dasar (Latsar) CPNS angkatan 1 tahun 2022 mengikuti rangkaian dengan sungguh-sungguh. Harapannya, para peserta mengutamakan hasil dan manfaat, bukan sekadar memenuhi syarat administrasi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Latsar CPNS ini saya anggap sebagai fondasi yang kuat dalam menginternalisasikan dan mengimplementasikan nilai dasar ASN yang berAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif),” ujar Bupati Bonifasius melalui sambutan yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Mahulu Stephanus Madang, saat  mengikuti pembukaan Latsar di Puslatbang KDOD LAN RI, Jumat (23/9/2022).

Berdasarkan Per-LAN Nomor 10 Tahun 2021 dijelaskan tujuan utama Latsar CPNS adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul, Integritas, bertanggung jawab, memperkuat profesionalisme serta mengembangkan Kompetensi CPNS dalam bidangnya.

Maka, pengembangan kompetensi yang dilakukan secara terintegrasi ini dapat memadukan antara pelatihan klasikal dengan non-klasikal dan kompetensi sosial kultural dengan kompetensi bidang.

“Semoga sekembalinya CPNS Mahulu ini mampu bekerja efektif, efisien, akuntabel dan berintegritas dalam mewujudkan Mahulu Sejahtera, Berkeadilan,” harap Madang.

Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Pusatlatbang KDOD) Muhammad Aswad, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mahulu yang telah mempercayakan LAN RI Pusatlatbang KDOD sebagai mitra dalam menyelenggarakan Latsar CPNS ini. Apalagi tidak semua kabupaten dan kota menyelenggarakan Latsar CPNS seperti ini.

“Maka sungguh luar biasa melalui upaya, arahan dan bimbingan dari Bapak Bupati Mahulu Latsar CPNS dapat terselenggara secara langsung,” ungkapnya.

Aswad mengucapkan selamat kepada peserta yang ia nilai sebagai orang-orang pilihan. Sebab, tidak tidak sampai 10 persen penduduk Indonesia diikutkan dalam pelatihan dasar seperti ini. Bisa dikatakan, peserta Latsar merupakan orang-orang pilihan terbaik lewat seleksi ketat. Karenanya, setiap peserta diminta  bersungguh-sungguh mengikuti Latsar.

“Karena salah satu syarat utama untuk diangkat CPNS menjadi PNS adalah ikut dan lulus, dua aspek ini satu kesatuan dalam pelatihan Latsar ini,” tegas Kepala Pusatlatbang KDOD.

Turut hadir dalam Pembukaan Latsar CPNS, Kepala BKPSDM Mahulu Wenefrida Kayang, Kadis Kominfostandi Markus Wan, Dandim 0901/Samarinda Letkol Arm Novi Herdian, Kabag Umum Pusatlatbang KDOD Windra Mariani, Koordinator Pelatihan dan Pengembangan Pusatlatbang KDOD Dr. Rahmat, Koordinator Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Pusatlatbang KDOD Rustan Amarullah. (adv)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti