Sabtu, November 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Salut! Ini 10 Pemenang Lomba Menulis Artikel Berita dan Cerita Inspiratif

TENGGARONG – Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Bulan Bahasa, dan Hari Guru Nasional (HGN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dikemas dalam program Kukar Pintar Mengabdi. Salahsatu lomba yang digelar yaitu menulis artikel berita dan cerita inspiratif untuk siswa SMP se-Kukar.

Lomba ini dilaksanakan selama dua tahap. Tahap pertama, sebanyak 61 peserta mengirimkan tulisan melalui Google Form untuk dinilai oleh dewan juri. Kemudian terpilih 10 besar peserta yang masuk babak final. Babak final dilaksanakan di Gedung Serba Guna Disdikbud Kukar Minggu (14/11/21) lalu.

Hasil karya siswa peserta langsung dinilai dewan juri yang terdiri dari tiga penulis, yaitu Listiana (Disdikbud Kukar), Nurlia Shanty Agustin (MAN 2 Kukar), dan Aidil Fitriani (SDN 011 Tenggarong). Dari hasil penilaian didapat tiga juara utama dan 3 juara harapan serta 4 juara berbakat.

Para pemenang yaitu Juara 1 Pinkan Dhian Paramitha dari SMP Negeri 1 Marangkayu, Juara 2 Sazkya Wardah Habibah dari SMP Negeri 7 Muara Badak, dan Juara 3 Lintang Tsalatsa Mardhatilla dari SMPIT Al Ihsan Muara Kaman.

Sementara Juara Harapan 1 Judbah Dhina dari SMP Negeri 2 Muara Jawa, Juara Harapan 2 Muhammad Firza dari SMP Negeri 3 Sebulu, Juara Harapan 3 Bintang Kezia Joandra dari SMP Negeri 4 Kota Bangun.

Sedangkan 4 Juara Berbakat, yaitu Alexandro Febrianto T dari SMP Negeri 4 Muara Wis, Sulistia dari SMP Negeri 6 Anggana, Almaghfira Cintani Yoan dari SMP IT Insan Cendekia, dan Anggun Cahya Ananda dari SMP Negeri 4 Kota Bangun.

Ketua Panitia Lomba Menulis, Isnaini Fila dari Tim Kukar Pintar menyatakan, peserta 10 besar yang ikut tahap dua ini adalah para juara. Semua mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, suvenir, hingga uang pembinaan dengan besaran yang telah ditentukan oleh panitia.

Disdikbud Kukar melalui Seksi Kurikulum dan Pengembangan Mutu SMP sebagai penanggung jawab Kukar Pintar sangat bangga dan mengapresiasi hasil karya seluruh siswa. Tulisan peserta ini pada awal tahun 2022 akan diterbitkan dalam sebuah buku sebagai karya antologi pertama siswa SMP Kutai Kartanegara. “Buku nantinya dibagikan kepada peserta dan diharapkan akan menjadi kenang-kenangan dan terus memotivasi siswa untuk meningkatkan bakatnya,” ujarnya.

Lomba ini merupakan kegiatan kedua dari rangkaian program Kukar Pintar Mengabdi. Sebelumnya telah diawali dengan kegiatan literasi digital di Desa Mulawarman, Tenggarong Seberang beberapa waktu lalu. Kegiatan donasi buku ke taman baca dan beberapa SMP di kecamatan di zona hulu menjadi penutup rangkaian kegiatan ini.

Isnaini Fila memberikan pesan pada seluruh peserta untuk meninggalkan jejak dalam tulisan. “Membacalah maka kalian akan mengenal dunia, menulislah maka kalian akan dikenal dunia,” sebutnya. (hms/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengendarai Motor, Pria Misterius Ceburkan Diri ke Sungai Mahakam

0
SAMARINDA - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya nekat bersama sepeda motornya menceburkan diri ke Sungai Mahakam, di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan...

Pengendara Tewas di Jalan Rusak Bonles, Nursalam: Keluarga Korban Bisa Menuntut

0
BONTANG – Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Bontang Lestari pada Kamis (25/11/2021) malam, mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Termasuk kalangan pengusaha...