spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rusmadi Kukuhkan dan Lantik Pengurus Ikapakarti Bontang Periode 2021-2026

BONTANG – Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kota Bontang periode 2021 hingga 2026 digelar di Lapangan Den Arhanud Rudal, Sabtu (26/11/2022).

Pengukukan Ketua DPD Ikapakarti Kota Bontang H Harsono dan 197 pengurus DPD Ikapakarti Kota Bontang ini dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikaparti Kalimantan Timur (Kaltim) Rusmadi Wongso. Hadir Wali Kota Bontang Basri Rase.

Kegiatan pengukuhan dan pelantikan ini dikemas secara sakral. Selama dua hari, Ketua Pengukuhan Begawan Ciptaning Mintorogo berhasil mengemas acara pengukuhan dengan sukses. Makanan khas dari berbagai daerah dan penampilan sejumlah komunitas kesenian menambah kemeriahan acara pengukuhan dan pelantikan.

Di sela pelantikan, Rusmadi Wongso mengungkapkan bahwa Ikapakarti merupakan sebuah rumah besar bagi warga dari paguyuban-paguyuban kedaerahan khususnya yang berasal dari tanah jawa termasuk seni budayanya di Kota Bontang. Namun dalam sebuah rumah besar tersebut, menurutnya, dibutuhkan pilar dan pondasi yang kuat.

BACA JUGA :  Gempar 5,8 SR di Barat Daya Mamuju, Terasa Sampai Balikpapan dan Samarinda

“Kepada seluruh unsur pimpinan paguyuban sebagai pilar dan sekaligus sebagai pondasi untuk terus menguatkan diri. Sehingga Ikapakarti tidak hanya sebagai rumah besar tapi juga berdiri kokoh secara bersamaan,” beber Rusmadi yang juga Wakil Walikota Samarinda ini.

Dikatakannya, sejak berdirinya Ikapakarti pada tanggal 16 Juli tahun 2003 tujuannya adalah untuk menitipkan pesan moral kepada diri kita semua untuk mengedepankan budaya, untuk mengedepankan kepribadian, sifat-sifat yang jujur, santun dan guyub rukun atau gotong royong dalam bermasyarakat dan bernegara.

Sementara itu, Ketua DPD Ikapakarti Kota Bontang Harsono berharap, keberadaan Ikapakarti Bontang bisa terus memberikan kontribusi dan bersinergi dengan Pemkot Bontang untuk bersama-sama membangun Kota Bontang. “Saya berharap tetap terjalin kekompakan dan tetap solid untuk menciptakan kepribadian guyub rukun,” harapnya.

BACA JUGA :  Kabar Duka, Mantan Wali Kota Balikpapan Imdaad Hamid Meninggal Dunia

Sementara itu, Wali Kota Bontang Basri Rase berharap keberadaan paguyuban Ikapakarti di Bontang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat terutama bagi anggota maupun kepengurusannya. Ia juga berharap Ikapakarti terus mewarnai dan meramaikan Kota Bontang dengan berbagai penampilkan kesenian khas Jawa.

“Semoga dengan kekuatan Ikapakarti, Bontang semakin ramai. Karena saya lihat, hampir setiap minggu ada kegiatan kesenian dan budaya serta kuliner yang ditampilkan. Ini sejalan dengan misi pemeritah untuk menjadikan Kota Bontang sebagi kota wisata,” pungkasnya. (darman)

15.9k Pengikut
Mengikuti