spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ria Handayani Dorong Perempuan Terus Berkreasi dan Berinovasi

TENGGARONG– Pelatihan diversifikasi produk olahan dari Ikan Nila di Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar, mendapat perhatian dari anggota DPRD Kukar Ria Handayani.

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh narasumber dari Laboratorium Teknologi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

“Sangat bagus untuk membantu wanita khususnya ibu-ibu untuk mendapatkan peran ganda. Bukan hanya sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga sebagai pengusaha untuk membantu meningkatkan ekonomi,” ucap Ria Handayani.

Politisi Fraksi Gerindra ini menambahkan, sudah saatnya perempuan bisa berkreasi dan berinovasi dalam mengelola produk olahan dari ikan. Ini menurutnya, momen perempuanĀ  bisa menguasai berbagai teknologi pengolahan segala macam varian produk olahan untuk memenuhi permintaan bersama.

Oleh karena itu perempuan harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha ekonomi produktif.

“Era emansipasi sudah selayaknya perempuan bisa mandiri dan memiliki kegiatan lain untuk menambah peningkatan ekonomi,” imbuhnya.

Ria menambahkan, pelatihan ini dalam rangka pemberdayaan perempuan bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi pada organisasi kemasyarakatan kewenangan kabupaten, melalui advokasi kebijakan dalam pendampingan.

“Namun kegiatan ini secara umum sebagai kegiatan pendukung dalam mengurangi kemiskinan dan pencegahan stunting di Kukar,” ujarnya.

Ria berharap perempuan mampu berkarya dari berbagai bidang kehidupan. Baik di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi. Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif perempuan dalam pembangunan daerah.

“Harapannya juga perempuan mampu berkontribusi dalam pembangunan khususnya berpihak pada perempuan,” tutupnya. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.0k Pengikut
Mengikuti