spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rektor Unmul Masuk Tim Juri Sayembara Kawasan dan Bangunan IKN

SAMARINDA – Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si yang juga tim ahli transisi Ibu Kota Negara (IKN) mendapat amanat sebagai salah satu juri sayembara konsepsi perancangan dan bangunan gedung di IKN Nusantara. Tim juri yang terdiri dari profesional dan akademisi melakukan kunjungan ke lokasi sayembara bersama Dirjen Cipta karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang dicanangkan PUPR dalam rangka melahirkan konsep bangunan, di antaranya istana wakil presiden, lembaga legislatif, yudikatif, dan tempat peribadatan yang akan dibangun di IKN Nusantara. Sehingga tim yang dibentuk oleh PUPR turun ke lapangan melihat titik-titik yang akan menjadi lokasi pembangunan gedung-gedung tersebut,” ucap Masjaya saat ditemui tim humas Unmul.

Para juri beserta panitia pelaksana sayembara mengawali kunjungan dengan mendatangi lokasi helipad yang terbentang pemandangan indah. Kemudian tim dibagi menjadi empat kelompok, menuju lokasi masing-masing kompleks dan gedung. Kunjungan ini diakhir dengan mendatangi titik nol atau titik kontrol Geodesi yang menjadi patokan pembangunan infrastruktur IKN Nusantara.

“Kami menyaksikan langsung rencana pembangunan IKN, terlebih di titik nol merupakan bagian dari inspirasi tim juri, sehingga desain rencana pembangunan istana wapres, legislatif, yudikatif dan kompleks peribadatan bisa betul-betul maksimal,” jelas guru besar dibidang perencanaan dan pengembangan wilayah ini.

Rapat penilaian kriteria sayembara dilakukan para juri Kamis (19/5) di Hotel Bumi Senyiur Balikpapan. “Melalui kegiatan ini akan melahirkan kriteria penilaian bagi yang mengikuti sayembara. Maka juri akan bersikap objektif dan rasional dalam memilih dan menyeleksi para peserta hingga memilih menjadi 3 besar. Nantinya para finalis akan melakukan presentasi di depan juri dan Menteri PUPR untuk kemudian ditentukan pemenangnya,” jelas Masjaya.

Dalam kesempatan tersebut, Masjaya juga mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi. “Saya atas nama pribadi mengucapkan terimakasih kepada pak presiden, InsyaAllah niat baiknya Pak Jokowi akan terwujud melalui pemindahan ibu kota negara dan ini akan menjadi catatan sejarah bagi bangsa ini,” pungkas Masjaya. (mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Laga Arema vs Persebaya Rusuh, 127 Suporter-Polisi Tewas di Stadion Kanjuruhan

0
MALANG - Sebanyak 127 orang terdiri dari suporter Arema dan anggota polisi menjadi korban tewas dalam kerusuhan Kanjuruhan Malang, Minggu (2/10/2022). Kerusuhan tersebut terjadi...

Viral Tak Hafal Pancasila, Anang Mundur dari Jabatan Ketua DPRD Lumajang

0
SURABAYA - Ketua DPRD Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin mendadak mundur dari jabatan usai videonya viral karena tak hafal teks Pancasila saat menemui massa Himpunan...