spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan Peserta Ikut Pelatihan Furnitur, Ketua DPRD Kukar Harap Kompetensi Peserta Meningkat

TENGGARONG – Ratusan peserta mengikuti pelatihan furnitur perkayuan, pertukangan serta desain produk kayu. Agenda garapan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag Kukar, digelar di Workshop Idea Borneo, Jalan Gunung Belah, Tenggarong, Senin (21/11/2022).

Total sebanyak 185 peserta mengikuti pelatihan yang  merupakan aspirasi Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid itu. Pelatihan ditujukan untuk meningkatkan keahlian dan kapasitas perajin kayu, selain itu agar muncul  komunitas perkayuan di Kukar.

Begitu kapasitas para perajin meningkat, lanjut Rasid, limbah kayu yang selama ini tidak dimanfaatkan bisa diolah sehingga bernilai ekonomis.

Rasid menambahkan, total akan ada 4 pelatihan yang dilaksanakan di 6 kecamatan se-Kukar. Dengan adanya pelatihan diharapkan bakal muncul potensi perajin kayu di Kukar.

“Ini akan kita rancang lagi kedepannya dan tindaklanjuti dengan kegiatan dengan perusahaan. TJSP untuk melanjutkan revolusi industri perkayuan. Harapan kita teman-teman yang sudah dilatih ini nanti ada bapak angkat di perusahaan-perusahaan yang terlibat,” ujar Rasid selepas membuka pelatihan.

Perusahaan seperti PT Tunggang Parangan Kutai Kartanegara, Idea Borneo, Karang Taruna dan komunitas perkayuan di Kukar ikut dilibatkan.

“Harapan kita dari pelatihan ini, katakan kebutuhan meja dan kursi yang ada di sekolah dan kantor bisa dihasilkan dari kegiatan ini,” tutup Rasid. (adv/afi)

15.9k Pengikut
Mengikuti