spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pupuk Kaltim Investasi Rp 29 Triliun untuk Bangun Pabrik di Papua Barat

JAKARTA  – PT Pupuk Kalimantan Timur atau Pupuk Kaltim akan membangun pabrik urea, amoniak, dan metanol di Teluk Bintuni, Papua Barat, pada tahun ini. Tak hanya itu, BUMN ini akan meningkatkan investasinya di pabrik pupuk di Bontang, Kalimantan TImur.

Perseroan menyiapkan investasi sekitar US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 36,25 triliun (asumsi kurs Rp 14.500 per dolar AS) dalam lima tahun ke depan untuk membangun pabrik di Teluk Bintuni, Papua Barat dan Bontang, Kaltim.

“US$ 2 miliar (atau Rp 29 triliun) untuk proyek di Bintuni, yaitu pabrik urea, amoniak, dan metanol. Sisanya untuk proyek di Bontang, seperti pembangunan pabrik NPK baru, pabrik soda ash, dan lainnya US$ 500 juta,” kata Rahmad Pribadi, Direktur Utama Pupuk Kaltim dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip, Selasa (7/6/2022).

Pupuk Kaltim menargetkan konstruksi pabrik baru di Teluk Bintuni bisa dilakukan pada 2022 atau 2023. Untuk itu, perseroan akan melakukan banyak persiapan di 2022, misalnya persiapan lahan dan lainnya.

Pembangunan pabrik tersebut tersebut dilakukan sebagai perluasan usaha Pupuk Kaltim yang saat ini beroperasi di Bontang, Kalimantan Timur .

“Kita bisa mencontoh Bontang sekarang. Dengan pembangunan di Papua Barat nanti, diharapkan pembangunan di sana bisa membuat Indonesia lebih baik,“ kata Rahmad.

Saat ini, pabrik Pupuk Kaltim menempati lahan seluas 443 hektare di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Fasilitas produksinya terdiri dari 5 pabrik Amoniak, 5 pabrik Urea, 3 pabrik NPK Blending, 2 pabrik NPK Fusion, dan 1 pabrik boiler batu bara.

Selain itu, Pupuk Kaltim memiliki unit pengantongan, serta unit pergudangan dengan total kapasitas produksi pupuk urea sebesar 3,43 juta ton per tahun, amoniak sebesar 2,74 juta ton per tahun, dan NPK sebesar 350 ribu ton per tahun. (rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Detik-detik Pensiunan Karyawan PKT Meninggal saat Salat Subuh Berjamaah di Masjid Fathul Khoir Bontang

0
BONTANG – H Nonot Sulistiyo Budi S, pensiunan karyawan PT Pupuk Kaltim (PKT) meninggal dunia saat melaksanakan Salat Subuh berjamaah di Masjid Fathul Khoir...

Ini Alasan Wanita di Makassar yang Simpan 7 Jasad Janin Hasil Aborsi

0
MAKASSAR - Sejumlah fakta terkuak pasca polisi melakukan penangkapan terhadap seorang wanita berinisial NM di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). NM ditangkap atas kasus aborsi...