spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Porprov Korpri Kaltim Dibuka, Tak Hanya Cari Juara Juga Gerakkan Ekonomi UMKM

TENGGARONG – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri II Kalimantan Timur (Kaltim) dibuka. Sebanyak 20 kontingen siap adu ketangkasan mulai 24-30 November 2022 di Kutai Kartanegara (Kukar).

Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 10 kabupaten/kota dipastikan ikut memeriahkan ajang olahraga ini. Ditambah 10 perangkat kerja yang ada di Kaltim, yakni RSUD Abdul Wahab Sjahranie, PUPR Kaltim, Dishanpangan Tani, Dinsos Samarinda, Bappeda Kaltim, Kemenag, Kemenkumham, Kemenkeu dan Kemen PUPR, dengan total ASN yang terlibat sebanyak 753 orang.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, Sri Wahyuni mengharapkan, tidak hanya terjalin silaturahmi dan kompetisi dalam ajang olahraga ini. Namun diharapkan mampu menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat setempat, terutama Kukar selaku tuan rumah.

Seba, berbicara sebuah event, banyak hal yang merasakan dampaknya. Mulai dari pihak penyelenggara hingga pelaku UMKM yang bakal merasakan manisnya perputaran ekonomi. Terlebih, saat ini Kukar secara khusus maupun Kaltim secara umum, sedang getol mengembangkan ekonomi kreatif (Ekraf).

“Jadi selain untuk ajang silaturahmi olahraga, ini juga momentum yang bagus untuk peningkatan ekonomi daerah,” ujar Sri Wahyuni, Rabu (23/11/2022) malam.

Ia pun berharap, kedepan pelaksanaan Porprov Korpri Kaltim bisa seperti di Kukar. Event dikemas dengan baik, dan tentunya memiliki standar yang baik pula.

“Jadi ini porprov-nya Korpri ASN, tapi apapun event-nya harus dikemas dengan baik ada standarnya. Bagaimana mampu memberikan kesan bagi pengunjung yang datang,” kata Sri. Ketika itu berjalan, dia meyakini komponen-komponen masyarakat setempat bakal diberdayakan dengan baik. “Event itu kan dimaksudkan untuk menggerakan komponen yang ada dimasyarakat,” tutup Sri.

Sementara itu, Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Totok Heru Subroto, saat menyampaikan sambutan Bupati Kukar, berharap ini menjadi ajang silaturahmi. Selain itu juga sebagai ajang bertukar ilmu dan wawasan. Meski tujuan utamanya untuk mencari atlet-atlet terbaik yang akan mewakili Kaltim di Pornas Korpri 2023 di Semarang, Jawa Tengah. “Saya berharap kita juga dapat saling mempererat silaturahmi dan tali persaudaraan,” ucap Totok.

Porprov Korpri II akan mempertandingkan 12 cabang olahraga (cabor), yakni 9 cabor medali untuk Tenis Lapangan, Bola Voli, Catur, Tenis Meja, Gate Ball, Senam, Bulutangkis, Atletik Lari 10K, Futsal. Serta 3 cabor eksibisi biliar, Sepakbola dan Tenis Meja.

Sebanyak 4 venue disiapkan yakni Kompleks Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang (Lari 10K, Catur, Senam, Futsal), Kompleks Stadion Rondong Demang Tenggarong (Tenis Lapangan, Tenis Meja, Bulutangkis), Halaman Kantor Bupati Kukar (Gate Ball) dan Lapangan Tenis Indoor DPRD Kukar (Bola Voli). (afi)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti