spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Politani Samarinda Jalin Kerjasama dengan Pemkab Kutai Barat

SAMARINDA – Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) akan melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar), Senin (21/2) di Kantor Bupati Kutai Barat Jl Barong Tongkok, Sendawar.  Kerjasama yang dilakukan meliputi Kegiatan Survei dan Pemetaan serta kegiatan sehubungan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Direktur Politani Samarinda Hamka mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan hasil tindaklanjut dari pertemuan antara pihaknya dengan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kutai Barat Kamius Junaidi beberapa waktu lalu.

Hamka juga menyampaikan bahwa dalam pertemuan dengan Pemkab Kubar nanti, pihaknya akan memperkenalkan lebih dalam tentang kampus pertanian yang dipimpinnya kepada semua pimpinan Pemkab Kubar. Hal ini penting dilakukan untuk lebih mendekatkan dunia kampus dengan stakeholder, termasuk Pemkab Kubar.

BACA JUGA :  Meninggal Nol Kasus, Gubernur: Sudah Vaksin, Jangan Abai Prokes

Hamka mengutarakan bahwa kampusnya memiliki sumber daya manusia dengan kompetensi yang sangat baik, termasuk di bidang survei dan pemetaan. Politani Samarinda ujar Hamka memiliki Pusat Unggulan Teknologi Survei dan Pemetaan hasil dari program Macthing Fund Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang memiliki sejumlah alat survei modern dan canggih. “Dan merupakan Pusat Unggulan Survei dan Pemetaan satu-satunya di Indonesia,” tegasnya.

Kerjasamaa ini ujar Hamka merupakan jawaban atas kepercayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atas ditetapkannya Politani Samarinda sebagai Pusat Unggulan Teknologi Survei dan Pemetaan di Indonesia. Apalagi Kalimantan Timur masih sangat memerlukan sentuhan ilmu dan teknologi penataan ruang yang akurat dan berdaya guna.

BACA JUGA :  Penjual Bakso yang Kabur Ditemukan Rebahan di Median Jalan

Hamka menyukuri bahwa pada Dies Natalis ke-33 ini, Politani Samarinda terus mampu memberikan karya kepada stakeholder. Baik merupakan hasil dari penelitian maupun implementasi dari keilmuan dan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki.

Dalam pertemuannya dengan Bupati Kutai Barat nanti, Hamka mencoba untuk menawarkan sejumlah keunggulan Politani Samarinda dalam bentuk kerjasama. Di antaranya, tata kelola lingkungan, riset dan tata kelola  bidang kehutanan, pengembangan sistem pertanian cerdas berbasis teknologi informasi,  pemagangan dosen dan mahasiswa, penerimaan mahasiswa baru, dan pelatihan.

Hamka berharap niat baik kedua belah pihak yang telah terjalin selama ini bisa dijembatani lebih banyak lagi. Sehingga keberadaan Politani Samarinda sebagai perguruan tinggi di Kalimantan Timur lebih terlihat kebermanfaatannya. (bz/adv)

15.9k Pengikut
Mengikuti