spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringkat Kedua Creative Tourism Destination Award 2022, Nilai Jual Desa Wisata Pela Bertambah

TENGGARONG – Desa Wisata Pela, di Kecamatan Kota Bangun, kembali menorehkan prestasi. Kali ini, dengan mendapatkan peringkat kedua Creative Tourism Destination Award 2022 kategori Digital pada Planet Tourism Indonesia 2022, garapan MarkPlus Tourism.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Pela, Alimin mengatakan, penghargaan ini diharapkan menjadi nilai jual bagi Desa Wisata Pela. Sekaligus menambah catatan manis, setelah belum lama ini ditetapkan sebagai 50 besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, yang digelar  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Penghargaan ini semoga dapat menaikkan rating Desa Wisata Pela, untuk ajang promosi salah satu destinasi unggulan di Kaltim dan Indonesia,” jelas Alimin pada mediakaltim.com, Kamis (19/5/2022).

Penilaian, kata Alimin, dilakukan dengan mengirimkan foto-foto spot unggulan dan video di kawasan Desa Wisata Pela. Hingga akhirnya dinobatkan sebagai terbaik kedua kategori Digital. “Harapan kita ini bisa berdampak besar kepada Desa Wisata Pela,” tambah Alimin.

Sementara itu, Kepala Desa Pela, Supyan Noor, mengaku bangga atas capaian yang diperoleh Desa Wisata Pela. Dia memberikan apresiasi sebesar-besarnya bagi Pokdarwis dan Pengelola Desa Wisata Pela.

Harapannya, penghargaan ini bisa menjadi penyemangat dan pelecut bagi Pokdarwis Desa Wisata Pela dalam mencari inovasi baru. “Jadi motivasi bersama bagi semua pihak,” kata Supyan Noor.

Penghargaan ini juga diharapkan  menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Desa Wisata Pela, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Sehingga berdampak besar untuk menghidupkan sektor UMKM Desa Wisata Pela dan PADesa.

Sementara, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, melalui Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Ridha Fatrianta menyebutkan, pihaknya bakal terus memberikan dukungan pada Desa Wisata Pela. Diantaranya, dengan terus menggelar festival tiap tahun. Disamping akan menambah wahana penunjang wisata, seperti wahana air yang memang disediakan di areal ekowisata itu.

“Kita ada bantuan untuk wahana air di Desa Pela dan nanti akan diserahkan,” urai Ridha.

Terdekat, Dispar akan melakukan pendampingan dalam menyambut kedatangan Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dalam waktu dekat.

Dukungan akses menuju kawasan Desa Wisata Pela, kata Ridha, juga sudah ada dalam rencana pengembangan dari Dispar Kukar serta OPD teknis terkait. “Mudah-mudahan penghargaan ini memicu pengembangan aksesnya,” tutup Ridha. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Detik-detik Pensiunan Karyawan PKT Meninggal saat Salat Subuh Berjamaah di Masjid Fathul Khoir Bontang

0
BONTANG – H Nonot Sulistiyo Budi S, pensiunan karyawan PT Pupuk Kaltim (PKT) meninggal dunia saat melaksanakan Salat Subuh berjamaah di Masjid Fathul Khoir...

Ini Alasan Wanita di Makassar yang Simpan 7 Jasad Janin Hasil Aborsi

0
MAKASSAR - Sejumlah fakta terkuak pasca polisi melakukan penangkapan terhadap seorang wanita berinisial NM di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). NM ditangkap atas kasus aborsi...