spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU Persiapan Penerimaan PPPK, Prioritaskan THL

PENAJAM– Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) membuka 500 kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022. Formasi PPPK ini akan memprioritaskan Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di PPU.

Seperti diketahui, pemerintah pusat telah menginstruksikan untuk penghapusan THL di lingkungan pemerintahan. Peran mereka akan diganti dengan status yang berbeda yaitu PPPK.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) PPU Khairuddin mengatakan, formasi PPPK untuk PPU dari pemerintah pusat ditetapkan sekitar 500 orang. Terdiri dari guru sekira 300 orang, kemudian tenaga kesehatan sekira 170 orang, menyusul tenaga teknis dan umum.

“Untuk formasi itu sudah diterima dari MenPAN-RB pada September ini dan lagi disiapkan,” ucapnya, Selasa (4/10/2022).

Pemkab PPU tengah melakukan persiapan untuk pendaftaran PPPK pada tahun ini. Meski waktu pendaftaran belum ditentukan, kata Khairuddin, persiapan terus dilakukan mulai dari mekanisme pelaksanaan, penganggaran, serta tenaga pelaksananya.

Perhitungan anggaran itu terkait alokasi mulai proses pengangkatan pegawai. Perbandingan anggaran terutama belanja pegawai sebelum dan sesudah adanya PPPK ini, tengah dibahas untuk menyesuaikan pengeluaran anggaran nantinya.

Khairuddin mengatakan, pembahasan anggaran dilakukan bersama dengan Badan Keuangan (BK), dan akan segera disampaikan ke DPRD agar merumuskan formulasi yang tepat, sehingga tidak ada kendala dalam penganggaran nantinya.

“Apakah anggaran masih mampu atau tidak itu nanti akan dibahas dengan BK. Kita juga akan minta ke DPRD ntuk membahas sama-sama terkait formulasinya,” ujarnya.

Selain itu, pendaftaran PPPK ini akan memprioritaskan THL yang di PPU yang jumlahnya mencapai 3 ribu orang. Namun jika ada tenaga yang dibutuhkan dan tidak tersedia di PPU, maka akan dipertimbangkan pendaftar dari luar daerah.

“Kecuali ada tenaga yang tidak tersedia, umpamanya dokter spesialis, dan lainnya dan ternyata ada honor di luar dan mendaftar di PPU, maka akan kita pertimbangkan,” tutup Khairudin. (Sbk)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti