Sabtu, November 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Desak Daerah Percepat Vaksinasi, Kurang 40% Level PPKM Naik, Mahulu Terapkan PPKM Level 1

JAKARTA – Kabupaten Mahakam Ulu (Ulu) menjadi satu-satunya daerah yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di Kaltim. Selain karena kasusnya terus menurun, Mahulu ditetapkan menjadi zona kuning karena capaian vaksinasi dosis pertamanya lebih dari 40%.

Dalam rapat terbatas penanganan Covid-19 yang dipimpin Presiden Jokowi, Senin (18/10/2021), pemerintah meminta daerah untuk lebih gencar melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Jika tidak, pemerintah akan meningkatkan status level PPKM daerah tersebut.

“(Penilaian) berdasarkan level asesmen dari Kementerian Kesehatan, ditambah satu faktor terkait kabupaten/kota dengan capaian vaksinasi dosis pertama. Jika jumlahnya kurang dari 40%, maka level (PPKM-nya) dinaikan satu tingkat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretriat Presiden, Senin (18/10/2021).

Airlangga juga menyebutkan, perpanjangan PPKM di luar Jawa-Bali diputuskan tiap 3 pekan. Dengan begitu, perpanjangan PPKM mulai berlaku 19 Oktober hingga 8 November 2021. Dari hasil evalusi hingga 16 Oktober 2021, lanjut Airlangga, diketahui tren penurunan kasus penularan Covid-19 terus berlangsung.

Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya provinsi atau kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4. Secara rinci, dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali, sebanyak 211 kabupaten/kota diantaranya menerapkan PPKM level 3. Untuk PPKM level 2 jumlahnya 157 kabupaten/kota. Sedangkan daerah PPKM level 1 sebanyak 18 kabupten/kota.

Ke-18 daerah tersebut adalah: Sumba Barat, Natuna, Mahulu, Minahasa Tenggara, Lombok Barat, Ternate, Sibolga, Padang Panjang, Metro, Batam, Kepulauan Talaud, Kepulauan Anambas, Karimun, Halmahera Tengah, Gorontalo Utara, Bone Bolango, Bintan, dan Bengkulu Tengah.

Khusus Mahulu, hingga Senin (18/10/2021), tak ditemukan kasus baru atau pasien meninggal akibat Covid-19. Selama sehari, Mahulu melaporkan satu pasien sembuh. Mengutip akun Instagram Satgas Covid-19 Kaltim, disebutkan zona kuning selain Mahulu adalah Kutai Kartanegara dengan 3 pasien sembuh.

Zona kuning lainnya adalah Penajam Paser Utara dengan 4 pasien sembuh, kemudian Paser 3 pasien sembuh. Seperti disebutkan di atas, di 4 daerah tersebut tak terjadi penambahan kasus baru ataupun pasien meninggal akibat Covid-19. (prs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengendarai Motor, Pria Misterius Ceburkan Diri ke Sungai Mahakam

0
SAMARINDA - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya nekat bersama sepeda motornya menceburkan diri ke Sungai Mahakam, di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan...

Pengendara Tewas di Jalan Rusak Bonles, Nursalam: Keluarga Korban Bisa Menuntut

0
BONTANG – Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Bontang Lestari pada Kamis (25/11/2021) malam, mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Termasuk kalangan pengusaha...