spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pembangunan Landmark Pengganti Eks Patung Naga Masuki 40 Persen

TENGGARONG – Setelah mangkrak selama beberapa tahun, akhirnya lokasi eks patung naga yang terletak di depan Jembatan Kartanegara Tenggarong, bakal dibangun landmark baru. Bukan patung naga atau hewan mitologi lain. Namun patung dengan 14 tiang yang disatukan dengan cincin di bagian atasnya.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar) Muhammad Jamil, pengerjaan  tahap pertama tahun 2022 sudah mencapai 40 persen. Berupa pengerjaan fondasi, dilanjutkan mendirikan tiang utama yang akan menopang landmark senilai Rp 2,3 miliar itu.

“Diharapkan eks patung naga ini menjadi landmark yang menjadi identitas baru Kukar, karena (letaknya) di pintu masuk ke Tenggarong,” ujar Jamil, belum lama ini.

Tahap kedua pengerjaan, menurut   Jamil, dilaksanakan pada tahun anggaran 2023. Dimana ada 3 bagian yang akan dikerjakan, yakni bagian atas, tengah dan bagian bawah. Bagian atas akan berbentuk seperti cincin berwarna jingga, sedangkan tengahnya akan ada 14 tiang.

Diketahui, eks patung naga  sempat disayembarakan oleh Pemkab Kukar pada April 2021. Sayembara ditujukan untuk  mengganti eks patung naga yang mangkrak, tak selesai pembangunannya.

Ini akan menjadi ikon baru bagi Kukar, juga menambah destinasi  wisata swafoto di kawasan Central Business District (CBD). Selain lampu warna-warni Jembatan Kartanegara, dan kawasan Taman Kota Raja (TKR) Tenggarong. (afi/adv)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti