spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

OIKN: Serah Terima Lapangan untuk Upacara HUT RI Ke-79 di Tahun Depan

JAKARTA – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengungkapkan bahwa serah terima fasilitas dan infrastruktur dari kementerian/lembaga negara, seperti hunian pekerja konstruksi dan lapangan upacara untuk HUT Ke-79 RI kepada OIKN dimulai pada 2024.

“Tahun depan kami harapkan bisa memulai beberapa hal yang dioper atau dilakukan serah terima dari kementerian/lembaga negara lain, terutama dari kementerian yang membangun infrastruktur seperti Kementerian PUPR kepada kami,” kata Bambang dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin.

Bambang mengatakan, salah satu fasilitas yang mulai diserahterimakan kepada OIKN pada tahun depan adalah hunian pekerja konstruksi IKN. Kemudian ada beberapa area atau lapangan yang digunakan untuk upacara HUT Ke-79 RI di IKN Nusantara pada 2024,  juga dapat diserahterimakan kepada OIKN.

“Tahun 2024 ada beberapa jenis infrastruktur dan fasilitas yang mulai dilakukan serah terima kepada OIKN. Untuk itu kita harus siap, artinya dari sisi standar dan kualitasnya harus benar – benar kita jaga sehingga kesinambungan serta keberlanjutan dari infrastruktur dan fasilitas yang diserahterimakan tersebut bisa sustainable,” kata Bambang.

Tentunya, lanjut Bambang, standar dan kualitas fasilitas serta infrastruktur yang diserahterimakan juga harus memenuhi prinsip hijau dan cerdas.

“Terkait serah terima ini kami berkoordinasi dengan semua kementerian/lembaga negara yang memiliki fasilitas dan infrastruktur di IKN, pastinya ada daftar mengenai fasilitas dan infrastruktur yang diserahkan kepada kami,” katanya.

Otorita Ibu Kota Nusantara mempunyai tugas melaksanakan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, serta penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara, dan pengembangan Ibu Kota Negara Nusantara serta daerah mitra.

Periode 2022 Р2024 merupakan periode pemindahan tahap awal ke Kawasan IKN, kemudian pembangunan  infrastruktur utama seperti Istana Kepresidenan dan perumahan, juga pemindahan ASN tahap awal.

Pada periode ini juga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo merayakan HUT RI di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN pada 17 Agustus 2024.

Pewarta : Suharsana Aji Sasra
Editor : Nusarina Yuliastuti

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img